Ramai Ramalan Wanda Hamidah yang Dianggap Jadi Kenyataan

Sorta Tobing
15 Oktober 2019, 19:03
ramalan wanda hamidah, twitter wanda hamidah, wanda hamidah peramal ulung
ANTARA FOTO/PARAMAYUDA
Wanda Hamidah menerima keputusan DPP Partai Amanat Nasional (PAN) yang memberhentikannya karena ia mendukung Jokowi-Jusuf Kalla, Selasa (16/9/2014).

Wanda Hamidah sudah tak aktif di media sosial Twitter sejak 2014. Tapi kicauannya pada tahun yang sama mendadak popular. Tanda pagar #WandaHamidahPeramalUlung sempat menjadi trending topic hari ini, Selasa (15/10).

Tweet Wanda pada 4 Juni 2014, menurut warganet, menjadi kenyataan. Ketika itu, ia memberi peringatan agar tidak lagi hidup di zaman Orde Baru yang otoriter.

Salah satu peringatannya berisi, “Nanti punya anak terus hilang enggak pulang-pulang karena mengkritisi pemerintahan.. baru nyesel.”

Warganet lalu mengaitkan kondisi itu dengan aksi demonstrasi mahasiswa dan pelajar sekolah menengah beberapa waktu lalu. Banyak dari demonstran itu yang ditangkap polisi berhari-hari sehingga para orang tua kesulitan mencari anak-anaknya.

Lalu, tweet Wanda soal “Jangan sampai nanti enggak bisa ngeritik lagi.. baru nyesel..” juga dikaitkan dengan situasi sekarang. Baru-baru ini tiga prajurit TNI dicopot jabatannya dan ditahan karena para istrinya mengomentari kejadian penusukan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto.

(Baca: Gerindra dan Demokrat Berpeluang Besar Dapat Jatah Menteri)

Kalau dilihat secara keseluruhan, kicauan Wanda pada lima tahun lalu tersebut terjadi sebelum pemilihan presiden (Pilpres) 2014. Ia menjadi pendukung pasangan Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla, meskipun kader Partai Amanat Nasional.

Padahal PAN menjadi salah satu pengusung Prabowo Subianto menjadi calon presiden. Ketua umum partai politik berlambang matahari terbit ini, Hatta Rajasa, menjadi calon wakil presiden mendampingi Prabowo.

Karena dukungannya tersebut, PAN akhirnya memecat perempuan yang sudah 16 tahun menjadi kader partai itu. Sebelum dipecat, Wanda merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI Jakarta periode 2009-2014.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...