Tak Ada Jabat Tangan Megawati untuk Surya Paloh

Sorta Tobing
2 Oktober 2019, 14:50
megawati surya paloh, megawati tidak mau salam surya paloh, mega paloh
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ketua Umum Partai PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memasuki ruang pelantikan anggota DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Selasa (1/10/2019). Pada acara itu Megawati tertangkap kamera enggan menyalami Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

Berkebaya merah, berselendang putih, dan bersanggul, Megawati Soekarnoputri tampak anggun berjalan di area VIP, Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (1/10). Para tamu yang sudah hadir langsung berdiri menyambut Ketua Umum PDI Perjuangan itu untuk memberi salam.

Megawati tersenyum ramah menyalami para petinggi partai politik yang hadir. Namun, ia tak merespon ketika Komandan Satuan Tugas Bersama Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menjulurkan tangan. Megawati malah menyambut tangan Pelaksana Tugas DPD Golkar Jakarta Rizal Mallarangeng.

Presiden ke-5 RI itu lalu memalingkan mukanya ketika giliran bersalaman dengan Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh. Seperti terlihat dalam potongan video KompasTV yang ramai beredar di media sosial, Surya Paloh yang tadinya berdiri akhirnya memilih duduk.

Senyum Megawati mengembang kembali ketika bersalaman dengan KH Ma’ruf Amin, Wakil Presiden terpilih 2019-2024. Kemudian, Pelaksana Tugas Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa yang berjalan dari arah belakang langsung disambut senyuman dan jabat tangan Megawati.

Sinyal panas-dingin hubungan Megawati dengan Surya Paloh sudah terjadi pada Juli lalu. Meskipun kedua pihak sudah membantahnya, tapi kejadian kemarin menunjukkan hal berbeda.

(Baca: Hadirnya Prabowo Subianto di Kongres PDIP Sinyal Gabung Koalisi Jokowi)

Politik Nasi Goreng ala Mega

Keretakan keduanya mulai terlihat pada 24 Juli lalu. Megawati ketika itu menerima kehadiran Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di kediamannya, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat. Momen ini menjadi penting setelah kedua kubu sebelumnya bersaing dalam Pilpres 2019.

Megawati menyajikan nasi goreng Jawa yang ia masak sendiri. Prabowo pun memuji hasil racikan perempuan yang akrab dipanggil Mbak Mega itu. “Luar biasa nasi gorengnya, saya sampai menambah. Padahal beliau sudah ingatkan untuk diet,” kata Prabowo.

Sembari berkelakar, Megawati meyakini nasi gorengnya mampu meluluhkan hati laki-laki. “Itu namanya politik nasi goreng yang ampuh,” ucapnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...