Kementerian LHK Segel Lahan Perusahaan Malaysia di Kalimantan Tengah

Image title
Oleh Antara
15 September 2019, 10:50
kebakaran hutan dan lahan, kebakaran hutan di kalimantan, kementerian lingkungan hidup
ANTARA FOTO
Ilustrasi. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyegel dua lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Kedua lokasi itu berada dalam konsesi milik perusahaan Malaysia.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyegel dua lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Lokasi itu berada dalam konsesi perusahaan perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Kotawaringin Timur dan Katingan, Kalimantan Tengah.

"Selain lokasi lahan konsesi PT MJSP di Kotawaringin Timur ini, selanjutnya kami juga menyegel lokasi kebakaran lahan yang berada di konsesi PT AUS di Kabupaten Katingan,” kata Direktur Penegakan Hukum Pidana Kementerian LHK Yazid Nurhuda, di Sampit, Minggu (15/9).

Advertisement

Di dua tempat itu Kementerian memasang papan peringatan dan garis pembatas. Yazid memimpin penyegelan lahan yang berada dalam konsesi perusahaan milik Malaysia itu. Lokasi tepatnya di Desa Bagendang Permai. Kedatangannya pagi tadi dikawal oleh dua polisi kehutanan berbekal senjata api.

Menurut dia, luas kebakaran lahan di lokasi itu mencapai 50 hektare. Kebakaran di sana sudah terjadi tiga kali, yakni pada 5 dan 29 Agustus serta pada September ini.

(Baca: Jokowi Tugaskan Menteri LHK dan TNI/Polri Atasi Kebakaran & Asap Riau)

Yazid mempertanyakan kebakaran pada lahan konsesi itu cukup luas, padahal lokasinya berbatasan langsung dengan sebuah anak sungai. Anak sungai itu memiliki air yang cukup dalam, sehingga seharusnya bisa digunakan untuk memadamkan api kebakaran yang terjadi.

Penyegelan ini menjadi awal penelusuran penyebab kebakaran lahan di areal perusahaan kelapa sawit itu. Jika ada indikasi tindak pidana, maka kasusnya akan ditingkatkan ke penyidikan.

Selain mengumpulkan data di lapangan, Kementerian juga akan meminta keterangan sejumlah pihak seperti masyarakat, manajemen perusahaan, pemerintah kabupaten dan lainnya. Saksi ahli juga akan terlibat untuk memberi gambaran jelas tentang kemungkinan titik terang pengungkapan kasus tersebut.

Halaman:
Reporter: Antara
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement