Berbagai Kenaikan Tarif dan Ancaman AS -Tiongkok Selama Perang Dagang

Sorta Tobing
2 September 2019, 17:25
perang dagang AS-Tiongkok, tarif yang dikenakan AS-Tiongkok
Lightwise/123RF.com
Eskalasi perang dagang naik lagi. Pemerintah Amerika Serikat (AS) menerapkan tarif tambahan sebesar 15% terhadap produk impor Tiongkok. Cina melakukan serangan balasan.

Eskalasi perang dagang naik lagi. Sejak kemarin, Minggu (1/9), pemerintah Amerika Serikat (AS) mulai menerapkan tarif tambahan sebesar 15% terhadap produk impor Tiongkok. Nilai produk itu mencapai US$ 110 miliar, termasuk di dalamnya pakaian, sepatu, furnitur, dan jam tangan pintar.

Ini baru langkah awal. Presiden AS Donald Trump berencana menaikkan bea masuk serupa untuk barang Tiongkok lainnya hingga akhir tahun. Total nilainya US$ 300 miliar. Jika rencana ini berjalan, maka Trump membuat semua produk Cina yang masuk ke negaranya kena tarif baru.

Advertisement

Rata-rata tarif impor Tiongkok ke AS naik 3% menjadi di atas 21%. Angka ini setara dengan tingkat tarif yang berlaku saat era proteksionisme pra-Perang Dunia II.

Beijing tak tinggal diam. Pemerintah di sana melakukan serangan balasan. Tarif impor asal AS sudah naik 22%. Per 1 September kemarin juga berlaku penambahan bea masuk 5%-10% untuk produk dari negara adikuasa itu senilai US$ 75 miliar.

Sebanyak 1.717 jenis barang, termasuk kedelai dan barang mentah AS terkena imbasnya. Per 15 Desember nanti tarif serupa akan berlaku terhadap 3.361 jenis barang, termasuk mobil.

(Baca: Perang Dagang, Rangkaian Saling Balas Tarif AS vs Tiongkok)

Perang dagang telah berlangsung selama lebih setahun. Dua negara dengan perekonomian terbesar di dunia itu tak kunjung menemui kesepakatan. Saling berbalas tarif malah menjadi senjata untuk menekan lawan.

Trump sejak awal menjabat sudah menyerukan ketidakadilan praktik dagang yang dilakukan oleh Cina. Termasuk di dalamnya soal kebijakan properti intelektual, akses pasar, subsidi, dan transfer teknologi.

Tuduhan ini tentu saja dibantah Beijing. Pemerintah di sana meyakini ini hanya taktik Trump untuk menekan pertumbuhan ekonomi negaranya.

Negosiasi terus berlangsung tapi selalu menemui jalan buntu. Kedua belah pihak tidak kunjung sepakat, terutama masalah tarif.

(Baca: Perang Dagang Memanas, Hari Ini AS Terapkan Tarif Baru untuk Tiongkok)

Tarif Apa Saja yang Sudah Dinaikkan AS dan Tiongkok?

Mengutip dari BBC, pada Juli 2018 AS menaikkan bea masuk impor produk Tiongkok senilai US$ 34 miliar. Cina membalas melakukan hal serupa.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement