Tak Ada Tsunami, BNPB Pastikan Korban Jiwa Gempa Banten Capai 4 Orang

Image title
3 Agustus 2019, 17:41
gempa banten, gempa hari ini, gempa bumi
ANTARA FOTO/ASEP FATHULRAHMAN
Warga duduk di rumahnya yang rusak akibat diguncang gempa di Kampung Karoya, Mandalawangi, Pandeglang, Banten, Sabtu (3/8/2019). Menurut data BPBD Banten satu orang meninggal dan sebanyak 112 rumah rusak berat dan ringan dengan rincian di Lebak sebanyak 12 rumah, di Pandeglang 91 rumah, dan di Serang 9 rumah rusak akibat gempa berkekuatan 7,4 SR yang terjadi Jumat (2/8) malam.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan jumlah korban jiwa akibat gempa bumi bermagnitudo 6,9 di Banten mencapai empat orang. Sebanyak dua orang berasal dari Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dan dua orang lainnya dari Kabupaten Lebak, Banten.

Plh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo menyampaikan, keempat korban jiwa meninggal karena serangan jantung dan kelelahan saat proses evakuasi.

Advertisement

Dua korban di Lebak sudah terkonfirmasi atas nama Rasinah (48 tahun) karena serangan jantung dan Salam (95 tahun) karena kelelahan ketika dievakuasi. "Korban terpeleset saat mengungsi dari Sukabumi adalah Ruyani (35 tahun). Yang satu belum diketahui sebabnya (Ajay, 58 tahun)," kata Agus saat konferensi pers di Gedung Graha BNPB, Sabtu (3/8). 

(Baca: Gempa Banten, Kemensos Kerahkan Kampung Siaga Bencana dan Tagana)

Ia memastikan tidak ada gelombang tsunami pasca gempa tersebut, meskipun sebelumnya Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini tsunami. Semua korban meninggal akibat faktor umur dan kepanikan.

Selain itu, sebanyak 223 unit rumah rusak akibat gempa. Untuk nilai  kerugian akibat gempa tersebut Agus tidak bisa memastikan angkanya karena belum dihitung.

Upaya ke depan yang akan terus dilakukan BNPB, yakni mensosialisasikan mengenai program desa tangguh bencana. "BNPB tidak bisa melakukan sendiri. Itu salah satu realisasi agar masyarakat tahu bagaimana merespon gempa," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement