Bekraf Cari Talenta Desainer untuk Tembus Pasar Global

Michael Reily
2 Agustus 2019, 16:41
bekraf cari desainer lokal, program orbit bekraf
Arief Kamaludin | Katadata
Ilustrasi. Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mensosialisasikan program ORBIT sebagai wadah pencarian desainer lokal untuk pengembangan kompetensi yang berkelanjutan.

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mensosialisasikan Orbit sebagai wadah pencarian desainer lokal untuk pengembangan kompetensi yang berkelanjutan. Program akselerasi desainer di Indonesia untuk masuk ke pentas persaingan global ini telah menghasilkan 35 desainer dalam dua tahun. 

Wakil Kepala Bekraf Ricky Pesik menyatakan program tersebut merupakan bentuk dukungan pemerintah terhadap para desainer. “Kami harap program ini dapat meningkatkan kemampuan desainer dalam menciptakan produk dan bisnis berskala internasional,” kata Ricky di Jakarta, Jumat (2/8).

Advertisement

Orbit, ia menegaskan, bukan perlombaan tapi pemerintah memberikan skema penghargaan kepada desainer yang punya kapasitas memenuhi persyaratan. Bekraf bakal memberikan bantuan hak kekayaan intelektual, pendampingan, publikasi, serta kesempatan kegiatan pameran dan studi banding berskala global.

Ricky menjelaskan, pemerintah ingin membantu pengembangan ekosistem desain yang berkelanjutan. Sehingga, para desainer lokal punya target untuk daya saing yang tinggi, inovatif, dan produktif dalam penciptaan kualitas produk dalam pasar global. Apalagi, ekonomi kreatif bakal menjadi salah satu sektor yang punya nilai tinggi dalam perdagangan internasional.

Ruang lingkup Orbit tahun ini adalah arsitektur, desain interior, fesyen, desain komunikasi visual, tata cahaya, desain produk, tekstil, kriya, dan lanskap. Para desainer yang terpilih dalam proses seleksi bakal ikut tiga program berkelanjutan.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement