Kendaraan Usia 10 Tahun Dilarang Operasi, Pembelian Mobil Akan Naik

Rizky Alika
2 Agustus 2019, 13:28
pembatasan kendaraan tua di jakarta, anies batasi kendaraan berumur 10 tahun
ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah
Ilustrasi kemacetan di Jakarta. Executive General Manager Toyota Astra Motor Franciscus Soerjopranoto mengatakan, pembatasan kendaraan berusia lebih dari 10 tahun di ibu kota diperkirakan dapat meningkatkan volume pembelian mobil.

Executive General Manager Toyota Astra Motor Franciscus Soerjopranoto mengatakan, pembatasan kendaraan berusia lebih dari 10 tahun di ibu kota diperkirakan dapat meningkatkan volume pembelian mobil. Apalagi, mobilitas menjadi hal yang penting bagi masyarakat Jakarta.

"Market bisa bertambah karena butuh replacement (penggantian) kendaraan yang sudah 10 tahun, ganti mobil baru," kata dia kepada Katadata.co.id, Jumat (2/8).

Advertisement

Menurut dia, keinginan memiliki kendaraan di Jakarta masih besar. Sebab, mobil kerap menjadi kendaraan masyarakat yang tinggal di kawasan tak terjangkau transportasi publik.

(Baca: Kendaraan di Atas 10 Tahun Dilarang Beroperasi di Jakarta Mulai 2020)

Selain itu, ia mengatakan daya beli kelas menengah ke atas juga berada di Jakarta. Hal ini tercermin dari pembelian mobil low cost green car (LCGD) hingga Ferrari dan Lamborghini yang banyak dilakukan konsumen ibu kota. Ini artinya, ada kemampuan daya beli masyarakat untuk membeli kendaraan lama dengan yang baru.

Meski begitu, ia menilai, masyarakat ke bawah yang kemungkinan besar akan membatasi penggunaan kendaraan pribadi seiring dengan penerapan Instruksi Gubernur tersebut. Dampak terhadap penjualan kendaraan ini masih memerlukan kajian bersama dengan pemerintah daerah. "Biasanya Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) akan diskusi dengan pelaku otomotif mengenai dampaknya," ujar dia.

(Baca: Polusi Udara Jakarta Buruk, Anies dan Jokowi Digugat di Pengadilan)

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement