Jokowi: Ibu Kota Pindah Ke Kalimantan, Agustus Akan Diumumkan

Sorta Tobing
30 Juli 2019, 20:58
jokowi benarkan ibu kota pindah ke Kalimantan
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengunjungi kawasan Sipinsur Geosite di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara, Senin (29/7/2019). Pada kunjungan itu, Jokowi membenarkan kabar soal ibu kota yang akan pindah dari Jakarta ke Kalimantan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membenarkan kabar soal ibu kota yang akan pindah dari Jakarta ke Kalimantan. Keputusan resminya akan ia sampaikan pada Agustus nanti.

“Iya kan memang sudah dari dulu saya sampaikan pindah ke Kalimantan. Nah, Kalimantan yang mana yang belum. Nanti kami sampaikan Agustus-lah,” kata Presiden Jokowi di kawasan wisata The Kaldera Toba Nomadic Escape, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara (Sumut), Selasa (30/7), seperti dikutip dari situs Sekretariat Kabinet.

Ia menegaskan, pemerintah tidak ingin tergesa-gesa dalam merencanakan pemindahan ibu kota negara itu. Tetapi pemerintah ingin secepatnya diputuskan. Kajiannya hingga sekarang belum rampung. Kajian itu termasuk soal air, keekonomian, demografi, sosial, politik, pertahanan, dan kemanan.

Di tempat terpisah, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) juga mengatakan rencana pemindahan ibu kota masih dalam tahap kajian. Karena itu, alokasi dananya pun belum dapat masuk rencana anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) dalam waktu dekat.

"Jadi (tahapannya) memilih, menentukan, baru perencanaan. Ini masih tahap kajian. APBN itu kalau jelas perencanaannya, kalau belum ada perencanaannya ya bagaimana mau masuk APBN," kata JK kepada wartawan di kantornya, Jakarta, seperti dikutip dari Antara.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...