Dalam 5 Tahun, Menperin Targetkan Investasi Otomotif Rp 100 Triliun

Rizky Alika
18 Juli 2019, 15:51
GIIAS investasi sektor otomotif
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Kamis (18/7). Ia mengatakan, total komitmen investasi dari dua produsen otomotif, Toyota dan Hyundai, mencapai Rp 50 triliun.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menargetkan investasi di sektor otomotif akan mencapai Rp 100 triliun. Target ini direncanakan tercapai dalam lima tahun mendatang.

"Saya optimistis dalam waktu lima tahun akan ada Rp 100 Triliun investasi baru di sektor otomotif," kata dia acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE BSD, Tangerang, Kamis (18/7).

Menurut dia, sejumlah investor baru sudah berminat masuk pada bidang komponen penunjang kendaraan listrik, seperti baterai. Namun, detail investasi tersebut belum dapat disampaikan lantaran masih dalam proses diskusi dengan pihak terkait. Pemerintah juga akan memberikan insentif libur pajak (tax holiday) pada investor tersebut.

Airlangga mengatakan, produsen baterai tidak berjumlah banyak di dunia ini. Karena itu, investasi pada baterai akan memiliki nilai yang besar.

Saat ini sudah ada dua pabrik besar yang siap berinvestasi kendaraan listrik di Indonesia, yaitu Hyundai dan Toyota. Total investasinya mencapai Rp 50 triliun untuk lima tahun ke depan. Untuk Toyota, nilai invetasinya mencapai US$ 2 miliar atau sekitar Rp 28,3 triliun untuk empat tahun ke depan.

(Baca: Deretan Mobil Baru Ini Akan Menyemarakkan GIIAS 2019)

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...