Insentif Super Pajak Dapat Mendorong Investor Teknologi Dunia Masuk RI

Rizky Alika
10 Juli 2019, 14:25
insentif super pajak
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Ilustrasi pendidikan vokasi. Pengusaha menilai investasi pada sektor teknologi akan masuk ke Indonesia seiring dengan adanya insentif pengurangan pajak atau super deductible tax.

Pengusaha menilai investasi pada sektor teknologi akan masuk ke Indonesia seiring dengan adanya insentif pengurangan pajak atau super deductible tax. Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Kamdani mengatakan, investor akan masuk terutama untuk industri electronic vehicle (EV).

"Industri EV, perangkat cerdas, dan otomotif bisa memiliki prospek cukup baik ke depannya dalam membantu meningkatkan ekspor," kata dia kepada Katadata.co.id, Rabu (10/7). Selain itu, insentif pajak dinilai dapat mendorong industri untuk meninggalkan ketergantungan pada komoditas.

Advertisement

Industri manufaktur yang memiliki nilai tambah tinggi, Shinta mengatakan, membutuhkan banyak  tenaga kerja ahli. Namun, untuk biaya penelitian dan pendidikan vokasi ini tidak murah. Akhirnya, banyak lulusan vokasi malah jadi tak terserap lantaran biayanya mahal.

Dengan adanya insentif tersebut, industri manufaktur yang memberikan pendidikan vokasi dan riset bisa menikmati fasilitas pengurangan pajak. Karena itu, pengusaha menyambut baik kebijakan ini serta menanti aturan turunannya dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK).

 (Baca: Sri Mulyani Targetkan PMK Insentif Super Pajak Selesai Pekan Depan)

Selanjutnya, pemerintah dinilai perlu membangun industri pendukungnya. Untuk mobil listrik, Indonesia sudah mulai membangun pabrik lithium di Morowali. Kemudian untuk perakitan telepon pintar atau smartphone, RI telah memiliki pelaku usaha yang ahli di Batam.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement