Para Pengusaha Bertemu Jokowi di Istana Bogor, Bahas Hambatan Ekonomi

Michael Reily
9 Juli 2019, 17:19
pengusaha bertemu jokowi, apindo, hipmi, kadin
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Ilustrasi. Presiden Joko Widodo mengundang para pengusaha ke Istana Bogor, Jawa Barat untuk membahas kendala pertumbuhan ekonomi siang tadi, Selasa (9/7).

Presiden Joko Widodo mengundang para pengusaha ke Istana Bogor untuk membahas kendala pertumbuhan ekonomi siang tadi, Selasa (9/7). Tiga kelompok pengusaha yang datang adalah Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi).

Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani menyatakan tiga hal utama yang jadi pembicaraan adalah ketenagakerjaan, perpajakan, dan ekspor. "Kami membicarakan bagaimana supaya bisa segera melakukan pertumbuhan ekonomi biar lebih cepat," kata Hariyadi ketika dihubungi.

Apindo menilai amandemen Undang-Undang Ketenagakerjaan perlu jadi prioritas. Apalagi, penyerapan dalam sektor kerja formal mengalami penyusutan. Harapannya, perubahan UU ini mampu menciptakan lapangan kerja lebih luas serta memiliki kualitas tinggi dalam daya saing dengan negara lain.

Untuk isu pajak, Hariyadi menjelaskan butuh insentif yang tepat untuk stimulasi ekonomi. Sehingga, pemerintah tidak hanya melihat pendapatan dari pajak sebagai hitungan anggaran.

(Baca: Jokowi "Ultimatum" Para Menteri Buat Kebijakan Pacu Investasi & Ekspor)

Hariyadi mengungkapkan, permasalahan ekspor juga harus segera selesai dalam perundingan dagang. "Kita harus mengejar perjanjian-perjanjian dagang dengan negara tujuan ekspor supaya bisa lebih cepat, kalau ada task force yang sifatnya permanen bakal lebih baik," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...