Diskon 50% Tiket Pesawat di Hari Tertentu Mulai Berlaku Kamis ini

Image title
8 Juli 2019, 20:09
diskon tiket pesawat
ANTARA FOTO/INDRIANTO EKO SUWARSO
Pemerintah memutuskan penerapan diskon sebesar 50% tarif tiket pesawat untuk penerbangan berbiaya murah (LCC) mulai berlaku pada Kamis 11 Juli 2019.

Pemerintah memutuskan penerapan diskon tarif tiket pesawat untuk penerbangan berbiaya murah (LCC) mulai berlaku pada Kamis 11 Juli 2019. Sesuai kesepakatan sebelumnya, potongan harga ini mencapai 50% dari tarif batas atas (TBA), tapi hanya berlaku pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu pukul 10.00 hingga 14.00 waktu setempat.

"Sistem maskapai harus melakukan penyesuaian dua sampai tiga hari ke depan," kata Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso di kantornya, Jakarta Senin (8/7), usai menggelar rapat koordinasi dengan beberapa pemangku kepentingan.

Advertisement

Susiwijono menambahkan, diskon tersebut nantinya sebanyak 30% dari total kursi dalam satu penerbangan. Dengan perhitungan itu, maskapai Citilink dan Lion Air bisa memiliki perkiraan jumlah penerbangan dan kursi yang didiskon 50% ketika peraturan mulai berlaku.

Citilink, anak perusahaan Garuda Indonesia, dalam satu hari bakal mengalokasikan total 62 penerbangan dengan 3.348 kursi di dalamnya untuk didiskon sebesar 50%. Sementara Lion Air akan mengalokasikan 146 penerbangan dengan total kursi 8.278 kursi di dalamnya.

"Pemerintah berkomitmen untuk menyediakan penerbangan murah di jadwal-jadwal tertentu untuk penerbangan LCC pada rute-rute domestik," kata Susiwijono.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement