Airlangga dan Bamsoet Bersaing Ketum Golkar, Restu Jokowi Jadi Penentu

Agatha Olivia Victoria
7 Juli 2019, 19:07
calon ketua umum golkar
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) berdiskusi dengan calon Ketua DPR dari Fraksi Golkar Bambang Soesatyo disela pengumuman calon ketua DPR dari Fraksi Golkar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (15/1). Airlangga Hartarto mengumumkan penunjukan Bambang Soesatyo menjadi Ketua DPR hingga 2019 menggantikan Setya Novanto yang menjadi terdakwa dalam kasus dugaan korupsi KTP elektronik.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar Andi Sinulingga menyatakan, Airlangga Hartanto sudah memastikan diri kembali maju sebagai calon ketua umum Golkar. "Nama lain yang dipastikan mencalonkan diri itu , Bambang Soesatyo. Restu dari Presiden juga akan menentukan," katanya saat ditemui di Hotel Puri Denpasar, Jakarta, Minggu (7/7).

Andi memperkirakan, siapapun yang direstui Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjadi pemimpin Golkar yang baru. Karena itu, persaingan pemilihannya dalam forum musyawarah nasional (Munas) nanti akan memanas.

Adapun salah satu calon yang akan maju, yaitu Bambang Soesatyo merupakan Wakil Koordinator Bidang Pratama Golkar sekaligus Ketua DPR. Hal ini lah yang menurut Andi akan memanaskan suasana.

Andi turut mengatakan, Presiden ingin calon ketua umum partai politik sudah bisa ditentukan sebelum ia resmi diilantik. "Setelah dilantik, Pak Jokowi ingin duduk bersama para ketua umum demi kepentingan masyarakat," ujar Andi.

Pernyataan senada turut dilayangkan Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi. "Menurut saya, variabel yang menentukan adalah restu Jokowi dan tentunya chemistry dengan calon ketua umum Golkar yang ada," ucap dia di waktu yang bersamaan.

(Baca: Luhut Tolak Usulan Percepatan Munas Golkar untuk Geser Airlangga)

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...