Gelar Rakernas, PDIP Bahas Agenda Internal Partai

“Rakernas IV secara khusus untuk mempersiapkan konsolidasi partai dalam rangka pelaksanaan Kongres V PDIP,” kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.
Dimas Jarot Bayu
19 Juni 2019, 14:11
rakernas iv pdip, kongres v pdip 2019
ANTARA FOTO/Moch Asim
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (kanan) didampingi Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (kiri) menghadiri Rapat Kerja Daerah Khusus PDIP, di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (3/2/2018).

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) melakukan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV yang diselenggarakan di Jakarta, Rabu (19/6). Rakernas dilakukan untuk membahas agenda internal partai.

Salah satu agenda tersebut, yakni Kongres V PDIP yang bakal digelar di Bali pada 8 Agustus 2019. Kongres itu akan membicarakan pemilihan calon ketua umum PDIP. “Rakernas IV secara khusus untuk mempersiapkan konsolidasi partai dalam rangka pelaksanaan Kongres V,” kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dalan siaran persnya, Rabu (19/6).

Selain membahas mengenai Kongres V, Rakernas IV PDIP juga akan merumuskan langkah-langkah mewujudkan janji kampanyenya saat Pemilu 2019. Selain itu, PDIP juga akan merumuskan langkah mendukung pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin mewujudkan janji-janjinya.

Hasto mengatakan, PDIP bertanggung jawab atas dukungan rakyat yang telah diberikan dalam membangun Indonesia ke depan. “Rakernas IV merumuskan seluruh tanggung jawab partai dalam mewujudkan harapan rakyat yang telah memercayakan PDI Perjuangan dan Pak Jokowi-KH Ma’ruf Amin,” kata Hasto.

Advertisement

Lebih lanjut, Rakernas IV PDIP juga menjadi ajang evaluasi partai terhadap pelaksanaan Pemilu 2019. Evaluasi dilakukan baik kepengurusan di tingkat pusat maupun daerah.

Hasto mengatakan Rakernas IV dilangsungkan secara tertutup. Menurut dia, hal tersebut dilakukan agar PDIP dapat lebih fokus. "PDI Perjuangan memerlukan suasana khusus, memerlukan kejernihan alam pikir guna merumuskan agenda strategis internal partai ke depan,” kata Hasto.

Acara Rakernas IV PDIP ini juga dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. Jokowi diketahui hadir sekitar pukul 10.00 WIB menggunakan kemeja batik lengan panjang.

(Baca: PDIP Menang Pileg 2019 Sebesar 19,3%, Cuma 9 Partai yang Lolos ke DPR)

PDIP Menang Pileg 2019

Komisi Pemilihan Umum menetapkan PDIP meraih suara terbanyak dalam Pemilihan Legislatif atau Pileg 2019. Dari hasil final rekapitulasi nasional, partai berlambang banteng moncong putih itu memperoleh 27.053.961 suara atau 19,33%.

Setelah PDIP, partai dengan suara terbanyak kedua diperoleh Gerindra dengan perolehan suara sebesar 17.594.839 suara atau 12,57%. Golkar menempati posisi ketiga dengan perolehan suara sebesar 17.229.789 suara atau 12,31%.

Terdapat sembilan partai politik yang melenggang ke DPR, yakni PDIP, Gerindra, Golkar, PKB, Nasdem, PKS, Demokrat, PAN, dan PPP.  Sementara tujuh parpol gagal meraih ambang batas parlemen sebesar 4% dari suara nasional. Dalam Pileg 2019, suara sah sebesar 139.971.260, dan sebanyak 17.503.953 suara dianggap tidak sah.

(Baca: PDIP Jawara di Sumut, Yasonna hingga Djarot Syaiful Lolos ke Senayan)

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Sorta Tobing
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait