Tjahjo Kumolo Beri Sinyal Tak Lagi Terpilih Jadi Mendagri

Dimas Jarot Bayu
11 Juni 2019, 13:32
Mendagri Tjahjo Kumolo (tengah) berjalan keluar Gedung KPK usai menjalani pemeriksaan di Jakarta, Jumat (25/1/2019). KPK memeriksa Tjahjo Kumolo sebagai saksi untuk tersangka Bupati nonaktif Bekasi Neneng Hassanah Yasin terkait kasus dugaan suap pada pros
ANTARA FOTO/RENO ESNIR
Mendagri Tjahjo Kumolo (tengah) berjalan keluar Gedung KPK, Jakarta, beberapa waktu lalu. Tjahjo memberi sinyal tak akan menjabat lagi sebagai Mendagri untuk pemerintahan mendatang

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan masa jabatannya akan berakhir pada Oktober 2019. Tjahjo pun memberi sinyal tak akan menjabat lagi sebagai Mendagri untuk pemerintahan mendatang.

"Dalam sejarahnya tidak ada Mendagri dua kali (menjabat)," kata Tjahjo di hadapan jajarannya di Gedung Ditjen Bina Pemerintahan Desa dan Ditjen Dukcapil Kemendagri, Jakarta, Selasa (11/6).

Dalam kesempatan tersebut, Tjahjo menyampaikan terima kasih atas kerja sama dan koreksi yang dilakukan jajarannya di Kementerian Dalam Negeri. Tjahjo pun meminta maaf jika selama ini dia jarang datang ke Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa dan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil selama ini.

Tjahjo beralasan hampir empat tahun masa kerjanya dihabiskan untuk mengurus persoalan politik. "2,5 tahun hidupnya habis di DPR menyusun undang-undang Pemilu, kemudian memonitor Pilkada serentak," kata Tjahjo.

Di sisa waktu tiga bulan ini, Tjahjo berjanji bakal mengoptimalkan regulasi pembinaan kesatuan dan persatuan bangsa. Di samping itu, dia memastikan jika aspek politik tetap berjalan dengan baik.

Politisi PDIP itu pun berharap kerja-kerja yang selama ini dilakukannya dapat dilanjutkan oleh Mendagri yang baru pada 20 Oktober 2019 mendatang. Namun, Tjahjo enggan mengungkapkan siapa tokoh yang akan menggantikannya sebagai Mendagri. "Enggak tahu, itu haknya Presiden (Joko Widodo)," kata Tjahjo.

(Baca: Jokowi Kaji Pembentukan Beberapa Pos Kementerian Baru)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...