Hari Kedua Lebaran 2019, Kementan: Harga Cabai Terkendali

Rizky Alika
7 Juni 2019, 18:08
harga cabai 2019, harga cabai merah, bawang putih, bawah merah
Arief Kamaludin | Katadata
Kementerian Pertanian (Kementan) mencatat harga cabai dan bawang merah stabil pada hari kedua Lebaran 2019.

Kementerian Pertanian (Kementan) mencatat harga cabai dan bawang merah stabil pada hari kedua Lebaran 2019. Kondisi ini telah berlangsung selama tiga tahun terakhir.

"Harga cabai rawit merah dan keriting setiap puasa dan Lebaran hampir selalu bergejolak, tapi tiga tahun terakhir ini sudah semakin adem ayem," kata Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Mohammad Ismail Wahab, seperti dalam siaran pers yang dikutip Jumat (7//6).

Advertisement

Menurut dia, konsumen nyaris tidak ada yang mengeluhkan harga cabai rawit merah. Namun, ia mengakui ada sedikit kenaikan harga cabai merah besar atau cabai TW. 

Jenis cabai itu lebih banyak diserap oleh industri olahan, tidak banyak dikonsumsi rumah tangga. Karena itu, kenaikan harga cabai merah besar dinilai wajar seiring dengan peningkatan permintaan dari industri. Selain itu, beberapa sentra produksi cabai di Jawa Barat dan Jawa Timur tetap melakukan panen untuk menjaga pasokan di pasar. 

Selain cabai, harga bawang merah juga dinilai terjaga. Harga bawang merah berkisar Rp 15-20 ribu per kilogram pada tingkat petani sentra utama, yaitu Brebes, Nganjuk, Indramayu, Kendal, Malang, Solok, Majalengka dan Enrekang. Sementara, harga bawang merah di Bandung, Demak, Cirebon, dan Bantaeng sebesar Rp 15 ribu per kilogram. 

(Baca: Jelang Lebaran, Harga Cabai hingga Ayam Kompak Naik di Pasar)

Ismail memastikan, pasokan bawang merah dari sentra produksi di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur sampai saat ini masih lancar. "Bawang merah yang banyak mengisi pasaran saat ini adalah varietas Bima Brebes, Tajuk, Bauji dan Batu Ijo," ujarnya.

Dari pantauan harga di tingkat pasar tradisional, harga rata-rata bawang merah secara nasional berkisar di Rp 25 ribu- Rp 30 ribu per kilogram.

Harga tersebut dinilai sangat ideal, baik untuk petani maupun konsumen.  Ia memastikan pasokan harian lancar lantaran panen bawang merah terjadi hampir setiap saat di sentra-sentra produksi. Demikian juga pasokan cabai panenan, cabai rawit, dan cabai keriting masih melimpah.

(Baca: Jelang Idul Fitri, Harga Bahan Pokok Relatif Stabil)

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement