Tarif Batas Atas Turun, AirAsia Akan Sesuaikan Harga Tiket Pesawatnya

Agatha Olivia Victoria
15 Mei 2019, 12:48
harga tiket pesawat lebaran 2019, airasia, tarif batas atas turun
Katadata
AirAsia akan menyesuaikan penurunan tarif beberapa rute penerbangannya di Indonesia, setelah pemerintah menurunkan tarif batas atas harga tiket pesawat yang mulai berlaku hari ini, Rabu (15/5).

Maskapai AirAsia akan menyesuaikan penurunan tarif beberapa rute penerbangannya di Indonesia. Hal ini sejalan dengan keputusan pemerintah yang menurunkan tarif batas atas harga tiket pesawat sebesar 12-16% yang mulai berlaku hari ini, Rabu (15/5).

Direktur Utama AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan mengatakan, perusahaan belum menentukan rute mana saja yang terkena penyesuaian tarif. “Kami akan lihat satu per satu. Ada beberapa rute yang tidak bisa digeneralisir naik-turunnya harga,” katanya saat dihubungi Katadata.co.id, Rabu (15/5).

Aturan penurunan batas atas itu sebenarnya hanya ditujukan kepada maskapai berlayanan penuh, seperti Garuda Indonesia dan Batik Air. Namun, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, maskapai berbiaya murah pun sebaiknya mengikuti penurunan harga tersebut.

“Yang jelas, kami berkomitmen untuk memberikan harga yang paling terjangkau,” kata Direktur Utama AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan ketika dihubungi Katadata.co.id, Rabu (15/5).

Lion Air enggan memberi komentar terkait aturan baru ini. Pesan singkat dan telpon dari Katadata.co.id tidak dibalas.

(Baca: Tarif Batas Atas Pesawat Turun, Garuda Pertimbangkan Tutup Rute Kecil)

Kebijakan Tarif Tak Sentuh Maskapai Murah

Pengamat Jaringan Penerbangan Indonesia (Japri) Gerry Soejatman mempertanyakan kebijakan pemerintah yang tak konsisten. Alasannya, perubahan tarif batas seharusnya juga menyasar maskapai berbiaya murah.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...