Gerbang Tol Cikarang Utama Dipindah, Tarif Tolnya Tak Berubah

Image title
23 April 2019, 08:35
Jalan tol Jakarta-Cikampek, Kementerian Pekerjaan Umum, Jasa Marga, GT Cikarang Utama, gerbang tol, lebaran
ANTARA FOTO | Risky Andrianto
Pengerjaan infrastruktur di jalan Tol Jakarta-Cikampek beberapa waktu lalu.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memastikan relokasi Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama tidak mengakibatkan perubahan tarif. Gerbang tol yang sebelumnya di kilometer (KM) 29 itu berpindah ke KM 70 jalan tol Jakarta-Cikampek.

Relokasi gerbang tol tersebut nantinya akan melayani transaksi kendaraan menuju Palimanan, dan GT Kalihurip Utama di KM 67 pada ruas Tol Cipularang akan melayani transaksi Cileunyi. Relokasi ini rencananya mulai beroperasi sebelum arus mudik lebaran 2019, yang diperkirakan pada 26 Mei atau H-10 Lebaran.

Saat ini transaksi pembayaran jalan tol Jakarta-Cikampek terdiri dari dua jenis transaksi, yaitu sistem terbuka pada ruas Jakarta-Cikampek Barat dan transaksi tertutup pada ruas Cikarang Barat-Cikampek yang dilakukan di GT Cikarang Utama. Hal ini menimbulkan antrean panjang di GT, dan penumpukan kendaraan di Tol Cikampek yang menuju Bandung maupun Palimanan.

(Baca: Tarif Tol Trans Jawa Akan Ditetapkan Usai Pilpres 2019)

Relokasi ini akan dilakukan oleh PT Jasa Marga selaku Badan Pengatur Jalan Tol (BUJT) Tol Jakarta-Cikampek, sebagai upaya peningkatan layanan jalan tol Trans Jawa yang sudah terhubung dari Merak hingga Probolinggo Timur. Selain itu, pemindahan gerbang tol itu juga untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2019.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...