Unggul Hasil Hitung Cepat, Jokowi: Kita Tunggu Hasil Resmi KPU

Dimas Jarot Bayu
17 April 2019, 18:04
pemilu, pilpres 2019, hasil hitung cepat, quick count, exit poll, jokowi, ma'ruf, tkn
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo memasukkan surat suara ke dalam kotak saat menggunakan hak pilihnya di TPS 008, Gambir, Jakarta, Rabu (17/4/2019).

Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo mengaku sudah melihat berbagai hasil exit poll dan hitung cepat (quick count) Pilpres 2019 oleh berbagai lembaga survei. Namun ia enggan terburu-buru mengklaim kemenangan dalam persaingan politiknya melawan Prabowo Subianto.

Jokowi meminta masyarakat bersabar hingga ada hasil perhitungan resmi dari KPU. "Dari indikasi exit poll dan quick count, sudah kami lihat semuanya, tapi kita harus bersabar menunggu penghitungan dari KPU secara resmi," kata Jokowi dalam konferensi pers di Djakarta Theater XXI, Jakarta, Rabu (17/4).

Jokowi pun meminta agar masyarakat kembali bersatu setelah Pilpres dan Pileg 2019 usai. Dia tak ingin ada perpecahan di masyarakat akibat perbedaan politik yang telah berjalan selama tujuh bulan terakhir. "(Mari) menjalin dan merawat persatuan, kerukunan, dan persaudaraan kita sebagai saudara sebangsa, dan setanah air," ujarnya.

(Baca: Pantau Hitung Cepat, Tim Jokowi-Maruf Optimistis Raih Suara 60%)

Ia mengucapkan terima kasih kepada KPU, Bawaslu, dan DKPP yang dapat menyelenggarakan Pemilu 2019 dengan baik. Pesta demokrasi telah berjalan secara jujur dan adil.

Terima kasih juga ia ucapkan kepada TNI dan Polri yang telah ikut menjaga keamanan dan ketertiban selama proses Pemilu. “Semuanya bisa berjalan dengan baik," kata Jokowi.

(Baca: Sandiaga Ditekuk Jokowi di TPS Tempatnya Mencoblos)

Dalam konferensi pers tersebut, Jokowi didampingi oleh calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin. Ada pula Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional Jusuf Kalla; Ketua TKN Erick Thohir; dan Ketua Harian TKN Jokowi-Ma'ruf Moeldoko.

Hadir pula para pimpinan partai politik Koalisi Indonesia Kerja. Mereka adalah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Nasdem Surya Paloh, dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...