KPU Pastikan Pemungutan Suara di Malaysia Tetap Berjalan

Dimas Jarot Bayu
12 April 2019, 18:50
surat suara tercoblos di Malaysia, KPU, pemilu tetap jalan, Bawaslu, Jokowi, Prabowo, Davin Kirana, Rusdi Kirana, Nasdem
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Sejumlah warga mengikuti simulasi pemilu yang digelar KPU di SDN 02 Nagrak, Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat (3/2). Simulasi tersebut bertujuan untuk memberikan sosialisasi bagi masyarakat yang masih kebingungan dengan mekanisme pencoblosan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan proses pemungutan suara di seluruh Malaysia tak akan ditunda, meski ada kasus surat suara tercoblos. KPU bersama Bawaslu memastikan proses pemungutan suara di Negeri Jiran akan berjalan sesuai jadwal.

"Ada pernyataan Pemilu di Malaysia ditunda, itu tidak (benar)," kata Komisioner KPU Viryan Aziz di Hariss Suites Hotel FX, Jakarta, Jumat (12/4).

Menurut Viryan, penundaan pemungutan suara hanya akan dilakukan di lokasi kasus surat suara tercoblos , yakni Selangor, Malaysia. Itu pun baru akan dilakukan jika KPU dan Bawaslu memastikan kecurangan itu benar terjadi.

(Baca: KPU dan PPLN Malaysia Periksa Keaslian Surat Suara Tercoblos)

Ia mengatakan, pada Pemilu 2014 pernah terjadi kekeliruan administrasi dan kecurangan di beberapa daerah. Namun, tidak berarti pemungutan suara pada Pemilu 2014 diulang seluruhnya. Proses pemungutan suara ulang hanya dilakukan di lokasi yang memang terjadi kekeliruan administratif dan kecurangan saja. "Kegiatan pemungutan suara yang lain tetap berjalan sebagaimana biasanya," kata Viryan.

KPU bersama Bawaslu masih melakukan investigasi terkait kasus surat suara tercoblos. Pemeriksaan yang dilakukan terkait keberadaan surat suara, kronologis perkara, hingga kondisi surat suara yang ada di KBRI Malaysia.

Kedua lembaga penyelenggara Pemilu itu juga akan mempelajari masukan dari saksi-saksi terkait kasus tersebut. Dia meminta berbagai pihak bersabar hingga investigasi selesai dilakukan. "Sepenuhnya kami menunggu hasil kerja dari teman-teman yang ke Selangor, Malaysia," kata Viryan.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...