Jokowi Janji Lindungi TKI di Luar Negeri

Dimas Jarot Bayu
9 April 2019, 16:08
Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (kedua kanan) berfoto dengan peserta ketika menghadiri silaturahmi dengan purnawirawan TNI - Polri di JI Expo,Kemayoran Jakarta, Minggu (10/2/2019). Dalam silaturahmi tersebut sekitar seribu purnawirawan TNI - Polr
ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A
Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (kedua kanan) berfoto dengan peserta ketika menghadiri silaturahmi dengan purnawirawan TNI - Polri di JI Expo,Kemayoran Jakarta, Minggu (10/2/2019). Dalam silaturahmi tersebut sekitar seribu purnawirawan TNI - Polri memberikan dukungan kepada pasangan Jokowi-Ma'ruf.

Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) berjanji bakal melindungi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang berada di luar negeri. Menurut Jokowi, saat ini masih banyak persoalan yang melanda TKI di luar negeri.

Jokowi mengatakan, dirinya akan meningkatkan perlindungan kepada para TKI tersebut. "Yakinlah bahwa negara ingin memberikan perlindungan bagi WNI, baik yang ada di Hong Kong, Taiwan, Arab Saudi, dan daerah lainnya," kata Jokowi di Gedung Budaya Sabilulungan, Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (9/4).

Advertisement

Jokowi lantas mencontohkan keberhasilan pemerintahannya dalam melindungi TKI di luar negeri. Dia menceritakan bagaimana pemerintah berhasil membantu Siti Aisyah lolos dari jeratan hukum di Malaysia.

(Baca: Siti Aisyah Bebas dari Tuduhan Pembunuhan Kim Jong Nam)

Siti Aisyah awalnya diduga membunuh kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Kim Jong Nam. Setelah ditangkap Polisi Diraja Malaysia pada 16 Februari 2017 lalu, pemerintah kemudian menyewa pengacara untuk bisa mendampingi Siti Aisyah.

Selain itu, pemerintah juga melakukan lobi cukup panjang hingga akhirnya Jaksa Agung Malaysia mencabut dakwaan di pengadilan. Proses komunikasi dimulai sejak pemerintahan masa PM Najib Razak hingga pemerintahan sekarang yang dipimpin Tun Mahathir (Mohamad).

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement