Bulan Ini, Luhut Akan Bertemu Bos Shell Bahas Soal Masela

Ameidyo Daud Nasution
8 April 2019, 17:04
Luhut
Arief Kamaludin | Katadata
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan akan bertemu dengan Chairman Royal Dutch Shell tanggal 21 April mendatang. Pertemuan itu untuk membahas kelanjutan pengembangan blok gas bumi Masela di Maluku.

Luhut memastikan pemerintah tetap pada keputusannya terkait proyek tersebut. "Tetap onshore (di darat)," kata Luhut dalam acara pagi tadi dengan awak media di kantornya, Jakarta, Senin (8/4).  

Advertisement

Berdasarkan informasi dalam situs Shell, posisi chairman perusahaan saat ini dijabat oleh Charles O. Holliday. Salah satu kendala yang masih meliputi proyek Blok Masela adalah soal pembebasan lahan. Shell memerlukan paling tidak seribu hektare lahan.

Karena itu, Luhut meminta lahan dapat disediakan paling tidak dalam setahun sehingga pengembangannya bisa dimulai. "Saya minta dalam setahun beres," katanya.

(Baca: SKK Migas: Pembahasan IDD Bisa Lebih Cepat Rampung dari Blok Masela)

(Baca: Proyek Blok Masela Butuh Lahan Luas, Tanah Sudah Dibebaskan Bisa Batal)

Bukan hanya setahun, Deputi Bidang Infrastruktur Kemenko Kemaritiman Ridwan Djamaluddin berharap Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dapat mempercepat proses penyediaan lahan menjadi setengah tahun saja.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement