Jokowi: Tinggal 10 Hari Lagi, Kita Harus Gas Pol

Dalam kampanyenya, Jokowi juga mempromosikan tiga kartu yang menjadi program andalannya, Kartu Indonesia Pintar, Kartu Pra-Kerja, dan Kartu Sembako Murah.
Image title
Oleh Antara
7 April 2019, 19:05
Kampanye Terbuka Jokowi di Ngawi
Antara | Siswowidodo
Calon Presiden Nomor Urut 01 Joko Widodo (Jokowi).

Calon Presiden Nomor Urut 01 Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan agar para pendukungnya gas pol menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 pada 17 April mendatang. Imbauan tersebut disampaikan Jokowi saat memberikan pidato politik dalam acara Karnaval Indonesia Satu yang berlangsung di Jalan Raya Daan Mogot, Tangerang, Minggu sore (7/4).

"Sekarang sudah tinggal sepuluh hari lagi (menjelang Pemilu), maka kita harus gas pol," kata Jokowi yang langsung disambut gegap gempita sekitar seribu pendukungnya.

Dalam orasinya yang dimulai pada pukul 17.00 WIB itu, Jokowi juga mempromosikan tiga kartu yang menjadi program andalannya. Ketiga kartu "sakti" tersebut adalah Kartu Indonesia Pintar, Kartu Pra-Kerja, dan Kartu Sembako Murah.

(Baca: Ma’ruf Amin Jawab Kritik Prabowo Soal Kartu Prakerja)

Advertisement

Sementara itu, 15 menit setelah Jokowi berpidato, Cawapres Ma'ruf Amin menutup kampanye memanjatkan doa-doa yang disambut teriakan "Amin" oleh massa yang hadir.

Orasi politik Jokowi-Amin Ma'ruf merupakan akhir dari rangkaian acara Karnaval Indonesia Satu yang telah berlangsung sejak siang hari. Karnaval tersebut menampilkan sembilan panggung hiburan rakyat yang dikelola oleh partai-partai politik anggota koalisi, serta organisasi-organisasi pro-Jokowi, seperti Masyarakat Maritim dan Transportasi, dan persatuan seni budaya debus.

Partai-partai pengusung Jokowi memiliki panggung masing-masing, namun beberapa partai harus berbagi dengan partai lain, seperti Partai Golkar dan Partai Perindo. Pada pukul 16:21 WIB Jokowi dan rombongan menaiki kereta kencana ditemani Ma'ruf Amin menuju panggung utama yang terletak di Pendopo kantor Wali Kota Tangerang.

(Baca: PDIP Targetkan Jokowi-Ma’ruf Menang 65% Suara di Lampung)

Pawai yang diawali dari Alun-alun Ahmad Yani dan berakhir di depan Kantor Walikota Tangerang ini menempuh jarak sekitar 1,5 kilometer. Di belakang kereta tersebut, terdapat kendaraan terbuka yang ditumpangi ketua Tim Kampanye Nasional Erick Thohir dan jajarannya.

Iring-iringan tersebut dibuka oleh para penari tradisional, penari reog, dan marching band. Perjalanan rombongan menuju panggung utama berjalan lancar karena massa yang hadir cukup tertib, sambil sesekali Jokowi dan Ma'ruf Amin membagi-bagikan kaus kepada para pendukungnya.

Jokowi tekankan pesta demokrasi

Dalam orasinya, Jokowi juga mengatakan pesta demokrasi harus menciptakan kegembiraan, bukan menimbulkan ketakutan. "Pesta harus senang, gembira. Jangan sampai dengan adanya pesta demokrasi diciptakan ketakutan," katanya.

Jokowi juga mengatakan dalam pesta demokrasi jangan sampai ada kemarahan. Semua pihak harus menjaga persaudaraan serta persatuan bangsa. "Siapa setuju kita terus jaga kerukunan, persatuan. Jangan sampai kita jadi nggak bersaudara," katanya.

(Baca: Jokowi Minta Masyarakat Tak Berkonflik Karena Urusan Politik)

Berbagai atraksi kesenian dan aneka budaya dari berbagai daerah Indonesia ditampilkan dalam karnaval politik yang bertajuk Indonesia Satu ini. Para artis ibukota juga ditampilkan dalam karnaval ini, seperti penyanyi Yuni Shara, Grub Band Radja serta penyanyi lainnya.

 

Editor: Sorta Tobing
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait