Kementerian ESDM: Tahun Politik Tak Pengaruhi Harga Komoditas Energi

Image title
1 April 2019, 17:11
Jonan
ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan mengatakan, kondisi penerimaan sektornya di 2019 lebih banyak dipengaruhi kondisi global.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menilai harga komoditas tak terganggu tahun politik yang sedang terjadi di Tanah Air. Menurut Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan, penerimaan sektornya di 2019 lebih banyak dipengaruhi kondisi global.

Kondisi yang paling mempengaruhi fluktuasi harga komoditas energi adalah negosiasi dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok. “Tren internasional yang jelas berpengaruh,” katanya dalam sebuah seminar di Balai Sidang Universitas Indonesia, Depok, Senin (1/4).

(Baca: Kebutuhan Batu Bara Diprediksi Turun, Indonesia Perlu Antisipasi)

Ia mencontohkan, turunnya harga batu bara saat ini karena Tiongkok menghentikan impor komoditas itu dari Australia. Begitu pula di bidang minyak dan gas bumi (migas). Permintaan dan penawaran global menjadi penentu utama penggerak harganya.

“Tahun politik Indonesia hampir tidak memberi impact. Kecuali sampai ada yang tak berporduksi,” ujar Jonan. Yang penting, menurut dia, upaya pemerintah dalam menjaga stabilitas keamanan selama pemilihan umum (Pemilu) 2019 berlangsung.

(Baca: Produksi Dunia Berkurang, Harga Minyak Indonesia Februari Naik 8,4%)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...