Kementan Minta Pelaku Usaha Dongkrak Harga Ayam Hidup

Image title
29 Maret 2019, 12:58
Ayam Broiler
Katadata
Pemerintah mendorong pelaku usaha untuk meningkatkan permintaan daging ayam untuk mendongkrak harganya.

Pemerintah mendorong pelaku usaha untuk mengampanyekan konsumsi daging ayam. Upaya ini sejalan dengan keinginan untuk mendongkrak harganya.

Menurut Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian I Ketut Diarmita, semua pelaku usaha, integrator, peternak mandiri harus berperan aktif dalam kampanye tersebut.

Ia mengatakan, saat ini harga ayam di peternak atau produsen (farm gate) turun ke level Rp 11 ribu per kilogram. Angka ini jauh di bawah harga acuan yang ditetapkan oleh Kementerian Perdagangan dan berlaku 31 Maret 2019, yaitu Rp 20 ribu sampai Rp 22 ribu per kilogram.

(Baca: Kementan Klaim Harga Pakan di Tingkat Peternak Turun)

Di pasar retail, pemerintah menetapkan harganya Rp 36 ribu. Kenyataanya, angka itu bergerak di rentang Rp 34 ribu sampai Rp 40 ribu per kilogram. “Artinya, terdapat disparitas harga yang cukup signifikan antara harga farm gate dengan harga retail,” katanya seperti tertulis dalam siaran pers, Jumat (29/3).

Tapi Kementerian Pertanian tak punya kewenangan untuk menetapkan harga. “Tugas kami melakukan pengawasan pakan,” kata Diarmita. Pengawasan itu meliputi penggunaan antibiotik pemacu pertumbuhan pada ternak unggas dan hewan lainnya.

(Baca: Harga Daging Ayam Mulai Stabil, Peternak Tenang)

Data produksi DOC ayam broiler

Diarmita juga mencermati pernyataan berbagai pihak yang meragukan hasil perhitungan data produksi ayam umur sehari atau day old chicken (DOC) ayam broiler. Kementerian memiliki data populasi Grant Parent Stock (GPS), Parent Stock (PS) dan produksi DOC Final Stock (FS). “Semua datanya kami peroleh dari pembibit ayam ras di seluruh Indonesia, melalui email,” katanya.

Halaman:
Reporter: Rizka Gusti Anggraini
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...