Pemerintah Belum Tentukan Lokasi Proyek Tol Cigatas

Image title
14 Maret 2019, 01:00
jalan tol
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi pembangunan jalan tol. Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengatakan jalan tol Cigatas mengalami penambahan ruas.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) belum menentukan lokasi jalan tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas). Penyebabnya, proyek ini mengalami penambahan ruas dari Gedebage, Bandung-Cigatas-Cilacap, Jawa Tengah.

Kepala BPJT Danang Parikesit menjelaskan bahwa Tol Cigatas tidak lagi sampai Tasikmalaya. "Namun, ruas Tasikmalaya kami prioritaskan," katanya di Jakarta, Rabu (13/3).

Advertisement

Studi kelayakannya (feasibility study) tengah dilakukan oleh PT Jasa Marga Tbk sebagai pemrakarsa proyek tol Cigatas. Karena itu, jalan tol Cigatas tidak masuk dalam daftar Proyek Strategi Nasional (PSN).

Ia mengatakan, persiapan pembangunan bisa selesai pada 2020. "Pengadaan anggarannya sudah mulai kita proses untuk tahun ini," ujarnya.

(Baca: Menteri Rini: Tol Terbanggi Besar-Palembang Berfungsi saat Mudik 2019)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memastikan jalan tol Cigatas akan mulai pembangunan pada 2019. Keberadaan tol ini akan mempersingkat perjalanan dari Bandung ke Banjar, dari empat jam menjadi hanya satu jam.

Keputusan pembangunan proyek dilatarbelakangi banyaknya keluhan kemacetan dari masyarakat Garut dan Tasikmalaya. "Ini adalah hadiah untuk masyarakat Garut dan Tasikmalaya yang saya cintai," kata Jokowi, dalam pernyataan resminya pada Januari lalu.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement