Cerita di Balik Lagu Patah Hati Didi Kempot

Sorta Tobing
5 Mei 2020, 12:47
didi kempot meninggal, lagu ambyar didi kempot, godfather of broken heart, lord didi, lagu-lagu didi kempot, kabar terkini didi kempot
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Penyanyi campursari Didi Kempot (kanan) meninggal dunia pagi tadi, Selasa (5/5), di Rumah Sakit Kasih Ibu, Solo, Jawa Tengah.

Penyanyi Didi Kempot meninggal tadi pagi, Selasa (5/5), di Rumah Sakit Kasih Ibu, Solo, Jawa Tengah. Tak ada yang menyangka konser pada 18 April lalu menjadi penampilan terakhir seniman campursari tersebut. The Godfather of Broken Heart alias Bapak Patah Hati telah berpulang di usia 53 tahun.

Perjalanan musiknya merentang lebih tiga dekade. Awalnya, Didi menjadi penyanyi jalanan di Solo pada 1984. Usianya ketika itu baru 18 tahun. Tiga tahun kemudian ia memberanikan diri ke Jakarta dan mengirimkan demo lagu-lagunya ke perusahaan rekaman.

Pada 1990, ia akhirnya mengeluarkan album perdana di bawah naungan Musica Studio’s. Salah satu lagu populer dari album itu berjudul Cidro. Lagu ini terinspirasi dari kisah asmara Didi yang sempat gagal. Sejak saat itu lagu patah hati selalu melekat pada dirinya.

(Baca: Perjalanan Hidup Didi Kempot, dari Pengamen Jadi Musisi Mancanegara)

“Kayaknya kalau ngambil lagu tema-tema semacam itu booming­-nya lebih cepat karena banyak yang mengalami patah hati daripada tidak,” katanya sambil tertawa pada pertengahan 2019, seperti dikutip dari Kompas.com.

Didi tidak salah. Lagunya memang menjadi hits bahkan melegenda, seperti Sewo Kuto, Stasiun Balapan, Pamer Bojo, Cidro, Layang Kangen, Banyu Langit, Bojo Loro, dan Parangtritis. Beberapa tahun terakhir namanya bahkan dekat dengan generasi milenial. Para penggemarnya ini sering disebut Sobat Ambyar, Kempoters, Sadbois, dan Sadgerls.

Kisah Cinta Didi Kempot Dalam Lagu Cidro

Di balik lagu-lagunya, perjalanan cinta Didi Kempot justru jarang muncul ke publik. Laki-laki yang lahir pada 31 Desember 1966 itu memiliki istri yang usianya terpaut 15 tahun lebih muda bernama Yan Vellia. Yan juga berprofesi sebagai penyanyi tapi memilih genre dangdut.

Tapi ada satu lagu yang ia akui berdasarkan kisah cintanya, yaitu Cidro. Melansir dari Okezone.com, lagu ini menjadi titik balik kehidupan Didi. “Cidro itu adalah kenangan saya, cerita hidup saya. Lagu itu yang membuat saya bisa dikenal masyarakat luas seperti saat ini,” katanya pada 1 Desember 2019.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement