5 Fakta Gedung Sarinah, Pusat Belanja & McDonald’s Pertama Indonesia

Sorta Tobing
11 Mei 2020, 12:51
Pengunjung berada di salah satu gerai makanan di pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta, Minggu (10/5/2020). Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan akan melakukan renovasi Gedung Sarinah dengan total anggaran senilai Rp700 miliar yan
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.
Gerai restoran cepat saji McDonald's Sarinah, Thamrin, Jakarta, ditutup mulai Minggu (10/5/2020).

Setelah hampir tiga dekade menempati Gedung Sarinah, McDonald’s mengucapkan selamat tinggal kepada pelanggannya. Restoran cepat saji asal Amerika Serikat itu ditutup permanen mulai Minggu (10/5).

Sejumlah warga ibu kota meramaikan acara penutupan gerai waralaba itu semalam. Akun Instagram @Mcdonaldsid pun menyiarkan acara itu secara langsung.

Advertisement

Letaknya yang berada di perempatan Jalan Thamrin, Jakarta Pusat, membuat restoran waralaba itu menjadi saksi bisu berbagai peristiwa besar di ibu kota. Banjir, serangan teror, hingga kerusuhan pernah terjadi di jalan itu. Lokasinya yang strategis juga kerap menjadi tempat nongkrong anak muda dari sejak awal dibuka hingga sekarang.

(Baca: Warganet Soroti Kerumunan Penutupan McDonald's Sarinah di Tengah PSBB)

“Bagi kami, McDonald’s Thamrin adalah flagship store yang menjadi tonggak sejarah kehadian kami di Indonesia,”ucap Direktur Marketing Communications, Digital, dan CBI McDonalds Indonesia, Michael Hartono, Kamis (7/5). “ Bagi jutaan konsumen, restoran ini adalah kenangan indah yang telah menciptakan jutaan momen berharga dan tak terlupakan.”

Restoran pertama McDonald’s di Indonesia itu terpaksa tutup atas permintaan manajemen gedung, PT Sarinah (Persero). Sebagai Badan Usaha Milik Negara, Sarinah akan meremajakan diri sebagai langkah tranformasi bisnis perusahaan.

Direktur Utama Sarinah Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa mengatakan renovasi Gedung Sarinah segera dilakukan pada Juni 2020 setelah Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah. "Program renovasi ini direncanakan selesai pada Mei 2021," katanya.

(Baca: Manajemen Ungkap Nasib Pekerja Usai Penutupan McDonald's Sarinah )

Berikut lima fakta tentang Gedung Sarinah:

RENCANA RENOVASI GEDUNG SARINAH
Rencana renovasi Gedung Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.)

1. Pusat belanja pertama di Indonesia.

Gedung Sarinah merupakan salah satu gedung pencakar langit dan pusat belanja pertama di Indonesia. Bangunan ini menjadi bagian proyek mercusuar Presiden Sukarno. Keberadaanya berbarengan dengan Hotel Indonesia dan Patung Selamat Datang.

Tinggi gedungnya 74 meter dan terdiri dari 15 lantai. Inilah gedung pertama dengan fasilitas cukup mewah ketika itu, yaitu mesin pendingin ruangan dan tangga berjalan (elevator). Sukarno meresmikannya pada 15 Agustus 1966.

Biaya pembangunannya berasal dari dana rampasan perang atau kompensasi pemerintah Jepang. Nama Sarinah dipilih oleh Bung Karno untuk mengabadikan nama pengasuhnya saat kecil. Ia mengaku sangat mengagumi wanita tersebut.

(Baca: Renovasi Gedung, Sarinah Harap McDonald's Bergabung dengan Konsep Baru)

2. Sempat disinggung oleh Obama

Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Hussein Obama sempat empat tahun tinggal di Indonesia. Ketika pertama kali menginjakkan kaki di Jakarta, usianya masih enam tahun. Obama sempat menyebut Sarinah ketika itu merupakan gedung yang tertinggi.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement