Menilik Penyebab Kenaikan Tagihan Listrik di Juni 2020

Sorta Tobing
8 Juni 2020, 15:43
penyebab tagihan listrik naik, penjelasan pln mengenaik naiknya tagihan listrik, tarif listrik naik saat psbb
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/pras.
Ilustrasi. Tagihan listrik naik selama PSBB.

Selama  pembatasan sosial berskala besar atau PSBB, banyak konsumen merasakan kenaikan tagihan listrik. Hal ini membuat PLN mengubah skema perhitungan untuk tagihan Juni 2020 agar tidak memberatkan pelanggannya.

Dalam skema baru itu, PLN hanya menghitung kenaikan tagihan listrik bulan ini maksimal 40% dari bulan sebelumnya. “Sisa tagihan yang belum terbayar atau 60% dari lonjakan tagihan akan dibagi rata dalam tiga bulan ke depan,” kata Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN (Persero) Bob Saril dalam siaran pers pada Kamis (4/6).

Seluruh data pelanggan diperiksa satu per satu. Akibatnya, tagihan pelanggan yang biasanya sudah terlihat pada tanggal 2 atau 3 setiap bulan, baru dapat diakses pada 6 Juni lalu. Bob pun meminat maaf akibat keterlambatan ini.

(Baca: Tagihan Listrik Melonjak Lagi, PLN Dituntut Transparan)

Anggota Komisi III DPRD Provinsi Kepulauan Riau Suryani meminta PLN menjelaskan kepada masyarakat mengenai tagihan listrik yang meningkat dua hingga tiga kali lipat pada Juni 2020. "Berikan data pemakaian selama tiga bulan karena tidak semua masyarakat paham dengan perhitungan listrik," ujar Suryani dikutip dari Antara.

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) pun mendesak PLN membuat kanal pengaduan bagi pelanggan yang mengalami lonjakan tagihan atau billing shock. "Kami banyak menerima keluhan dari konsumen yang mengalami kesulitan saat ingin melaporkan kasusnya lewat call center PLN 123, atau akses lainnya," ujar Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi.

Ia mendorong konsumen melakukan pengecekan terlebih dulu terhadap kewajaran pemakaian listriknya. Selama PSBB, banyak warga yang bekerja di rumah atau work from home. “WFH umumnya membuat pemakaian energi listrik meningkat,” ucapnya.

(Baca: Menteri ESDM Putuskan Tarif Listrik Tak Naik hingga September 2020)

Halaman:
Reporter: Febrina Ratna Iskana, Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...