Profil Reisa Broto Asmoro, Putri Indonesia yang Jadi Jubir Covid-19

Dokter Reisa Broto Asmoro ditunjuk menjadi juru bicara Covid-19 mendampingi Achmad Yurianto.
Image title
9 Juni 2020, 18:46
profil reisa broto asmoro, reisa broto asmoro, jubir covid-19, achmad yurianto
Instagram/@reisabrotoasmoro
Dokter Reisa Broto Asmoro ditunjuk menjadi juru bicara Covid-19 mendampingi Achmad Yurianto.

Sosok Dokter Reisa Broto Asmoro mencuri perhatian ketika tampil dalam konferensi pers Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19, Selasa (9/6). Ia terlihat berdiri mendampingi juru bicara Achmad Yurianto.

Dokter berusia 34 tahun itu kini bergabung dalam tim komunikasi publik Gugus Tugas Covid-19. Tugasnya adalah mengedukasi masyarakat tentang pencegahan virus corona. “Ada dua jubir Covid-19 sekarang, Pak Dokter Yurianto dan Mbak Dokter Reisa,” cuit Juru Bicara Kepresidenan Fadjroel Rachman dalam akun Twitter-nya.

Dalam konferensi pers siang tadi, Reisa sempat memberikan imbauannya kepada masyarakat untuk memakai masker di ruang publik. "Penggunaan masker maksimal selama empat jam. Setelahnya harus langsung diganti," ucapnya.

Masker yang ia rekomendasikan adalah memiliki tiga lapisan. Bahannya dapat terbuat dari katun atau polyester. Masker kain ini bisa dicuci dan digunakan kembali.

Advertisement

(Baca: Rekor 1.043 Kasus Baru Corona di RI, Terbanyak Berasal dari Jakarta)

Profil Reisa Broto Asmoro

Reisa lahir di Malang, 28 Desember 1985. Nama aslinya adalah Reisa Kartikasari. Ketika duduk di sekolah menengah atas (SMA), ia mengikuti ajang Gadis Sampul dan berhasil menjadi finalis. Karier model lalu ia lanjutkan dengan bergabung dengan Look Models Agency.

Dalam situs pribadinya, reisabrotoasmoro.com, Reisa menyelesaikan pendidikan kedokteran di Universitas Pelita Harapan pada 2009. Ia lalu bekerja di bagian forensik Rumah Sakit Polri Raden Said Soekanto Kramat Jati. Di sini ia bergabung dengan tim DVI atau disaster victim identification yang melakukan investigasi korban jatuhnya pesawat Sukhoi dan pengeboman di Jakarta.

Pada 2010, ia mengikuti ajang Miss Indonesia mewakili Yogyakarta. Perempuan berdarah Solo itu berhasil menjadi juara dua dan meraih gelar Miss Indonesia of Environment.

(Baca: Produksi Ditaksir Surplus, Pemerintah Berencana Buka Lagi Ekspor APD)

Tahun berikutnya, ia mengikuti Miss International 2011 di Cheng Du, Tiongkok. Pada kontes ini, Reisa meraih penghargaan Ambassador of Clean Energy.

Publik semakin mengenal dokter yang menyelesaikan studi master di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia ini pada acara Dr. OZ Indonesia di sebuah stasiun televisi nasional. Pada acara televisi ini Reisa menjadi pembawa acara yang mengangkat isu tentang kesehatan.

Di saat bersamaan, Reisa juga menjalankan praktik di Beauty Clinic JMB, Jakarta Selatan. Di klinik kecantikan ini ia menjabat pula sebagai Head of Skin and Beauty Treatment Center Consultant.

(Baca: Setelah Jakarta, Menengok Persiapan PSBB Masa Transisi di Surabaya)

Menikah dengan Pangeran Solo

Sering tampil di hadapan publik, kehidupan pribadi Reisa pun tersorot. Pada 9 November 2012, ia menikah dengan Kanjeng Tedjodiningrat Broto Asmoro di Solo, Jawa Tengah.

Pernikahannya ketika itu disebut media royal wedding karena Tedjodiningrat berdarah biru dari Keraton Solo. Reisa lalu mendapat gelar Kanjeng Mas Ayu Tumenggung.

Dari pernikahan ini, Reisa memiliki dua anak. Anak pertamanya bernama RR Ramania Putri Broto Asmoro. Anak keduanya bernama R Satriyo Daniswara Broto Asmoro.

(Baca: Gugus Tugas Covid-19 Atur Syarat Perjalanan Warga saat Normal Baru)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait