Dexamethasone, Obat Murah yang Dapat Sembuhkan Pasien Covid-19

Sorta Tobing
18 Juni 2020, 10:52
dexamethasone, deksametson, harga dexamethasone, apa itu dexamethasone, obat covid-19, who, universitas oxford
ANTARA FOTO/REUTERS/cnsph
Ilustrasi perawatan pasien virus corona. Para peneliti di Universitas Oxford, Inggris, menyebut obat dexamethasone atau deksametason diklaim efektif mengobati pasien Covid-19.

Obat dexamethasone atau deksametason diklaim efektif mengobati pasien Covid-19. Para peneliti dari Universitas Oxford, Inggris, menyebut obat ini yang pertama terbukti meningkatkan ketahanan hidup para pasien, terutama yang sudah dalam kondisi kritis.

Kepala Penasihat Ilmiah Pemerintah Inggris Sir Patrick Vallance mengatakan deksametason merupakan obat murah yang tersedia secara luas. “Ini adalah perkembangan luar biasa dalam perjuangan kita melawan penyakit ini,” katanya, dalam siaran pers di situs Universitas Oxford., Selasa (16/6).

Sebanyak 2.104 pasien yang diacak menerima deksametason enam milligram sekali sehari, baik melalui mulut atau injeksi intravena, selama 10 hari. Mereka dibandingkan dengan 4.321 pasien dengan perawatan biasa.

Hasilnya, obat itu mampu mengurangi sepertiga kematian pasien yang memakai ventilator dan seperlima pada pasien yang hanya menerima bantuan oksigen. Deksametason tidak memberikan manfaat untuk pasien tanpa dukungan sistem pernapasan.

(Baca: Pemerintah akan Dukung Unair Kembangkan Kombinasi Obat Corona)

Profesor Peter Horby dari Universitas Oxford mengatakan manfaat deksametason cukup jelas memberikan efek bagi pasien virus corona yang sakit keras dan memerlukan bantuan oksigen. “Obat ini harus menjadi standar perawatan pasien. Tidak mahal, tersedia di rak, dan dapat segera menyelamatkan nyawa di seluruh dunia,” ucapnya.

Begitu pula pendapat Profesor Martin Landray dari universitas yang sama. “Hasil percobaan ini sangat jelas, deksametason mengurangi risiko kematian di antara pasien dengan komplikasi pernapasan yang para,” katanya.

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menyambut baik temuan awal ini. Tapi organisasi ini mengeaskan deksametason hanya efektif pada pasien Covid-19 dalam kondisi kritis. Untuk orang yang memiliki gejala ringan, belum terbukti keampuhannya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...