Profil Bupati Kutai Timur yang Kena OTT KPK Bersama Istrinya

Ismunandar berkarier lama di pemkab Kutai Timur. Total kekayaan bupati yang terkena OTT KPK ini Rp 3,15 miliar.
Image title
Oleh Sorta Tobing
3 Juli 2020, 14:35
Bupati Kutai Timur Ismunandar terkena operasi tangkap tangan (OTT) KPK, Kamis (2/7), di sebuah hotel Jakarta.
kutaitimurkab.go.id
Bupati Kutai Timur Ismunandar terkena operasi tangkap tangan (OTT) KPK, Kamis (2/7), di sebuah hotel Jakarta.

Bupati Kutai Timur Ismunandar terjaring operasi tangkap tangan atau OTT bersama istrinya, Encek Unguria Riarinda Firgasih. Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengatakan penangkapan ini terkait dugaan suap pengadaan barang dana jasa.

"Betul tadi malam ada kegiatan tertangkap tangannya para pelaku korupsi terkait penerimaan hadiah atau janji dalam pengadaan barang dan jasa di salah satu kabupaten di Kalimantan Timur," ujar Firli dikutip dari Antara, Jumat (3/7).

Dalam OTT tersebut, KPK telah mengamankan sejumlah uang dan buku rekening bank. Namun berapa jumlahnya, komisi antirasuah belum menyebutkannya.

(Baca: KPK Tangkap 15 Orang dalam OTT Bupati Kutai Timur)

Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango mengatakan, Ismunandar bersama sang istri dan seorang Kepala Bappeda tertangkap di sebuah hotel di Jakarta. Selain itu, turut pula diamankan sejumlah pihak di Samarinda dan Kutai Timur.

KPK mengamankan delapan orang, yang langsung dibawa ke Polresta Samarinda untuk menjalani pemeriksaan. Setelah pemeriksaan, mereka akan segera dibawa ke Jakarta pada siang ini.

Gedung KPK
Ilustrasi. Gedung KPK. ANTARA/MUHAMMAD ADIMAJA)

Profil Bupati Kutai Timur yang Kena OTT KPK

Ismunandar merupakan pejabat lama di pemerintah kabupaten Kutai Timur. Pria kelahiran Samarinda, 7 Agustus 1960 ini pernah menjabat sebagai Sekretaris Daerah (2010-2015) dan Asisten Ekonomi Pembangunan (206-2010) di kabupaten tersebut.

Melansir dari situs pemkab Kutai Timur, Ismunandar menjabat sebagai bupati pada 17 Februari 2016. Bapak dua anak perempuan ini mengawali kariernya di kepala seksi pengujian Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Timur pada 1999.

(Baca: OTT Bupati Kutai Timur, KPK Sita Sejumlah Uang dan Buku Rekening)

Ia juga pernah bekerja untuk pemerintah kota Bontang pada 2001 sampai 2002 di bagian pekerjaan umum dan administrasi pembangunan. Sarjana teknik sipil ia raih dari Universitas Merdeka, Malang pada 1986. Ismunandar lalu menyelesaikan pendidikan master perencanaan kota dan daerah dari Universitas Gadjah MAda pada 1999.

Ismunandar tercatat aktif berorganisasi. Ia menjabat Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kutai Timur sejak 2006 sampai sekarang, Ketua Dewan Kesenian Daerah Kutai Timur mulai 2011, Ketua Pengurus Cabang Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia Kutai Timur mulai 2011, dan Ketua Kempo sejak 2011.

Istrinya, Encek Unguria Riarinda Firgasih merupakan Ketua DPRD Kutai Timur saat ini. Perempuan kelahiran Samarinda, 24 Juni 1963 ini pernah menjabat Wakil Ketua DPRD kabupaten yang sama pada 2014-2019. Ia berasal dari Partai Persatuan Pembangunan.

Encek meraih gelar sarjana hukum dari Universitas Merdeka Malang pada 1987. Pendidikan magister administrasi publik ia raih dari kampus yang sama pada 2019.

(Baca: Jadi Buron dan Lolos dari Intel Kejaksaan, Siapa Joko Tjandra?)

Berapa Total Kekayaan Ismunandar?

Total kekayaan Bupati Kutai Timur Ismunandar, menurut Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara, mencapai Rp 3,15 miliar. Terakhir, ia melaporkan hartanya pada 17 Maret 2020.

Ia tercatat memiliki 14 tanah dan bangunan senilai hampir Rp 3 miliar yang tersebar di Kutai Timur dan Samarinda. Untuk kendaraan bermotor, Ismunandar mempunyai satu unit mobil Suzuki SB416 tahun 1997 bernilai Rp 40 juta. Selain itu, ia memliki harga bergerak lain Rp 43 juta, kas dan setara kas Rp 131 juta.

Reporter: Antara
Editor: Sorta Tobing

Video Pilihan

Artikel Terkait