Pertamina Turunkan Harga Pertalite Khusus Tangerang Selatan

Sorta Tobing
14 September 2020, 11:20
pertalite turun harga, premium, pertamina, tangerang selatan
Katadata | Arief Kamaludin
Ilustrasi. Harga Pertalite turun menjadi Rp 6.450 dari sebelumnya Rp 7.650 per liter, khusus wilayah Tangerang Selatan, Banten.

Harga bahan bakar minyak Pertalite turun untuk wilayah Tangerang Selatan, Banten. PT Pertamina (Persero) melakukan promosi tersebut untuk mendorong penggunaan BBM berkualitas dan ramah lingkungan.

Program ini merupakan kelanjutan dari Program Langit Biru yang sudah lebih dulu dilaksanakan di Denpasar, Bali sejak awal Juli 2020. Harga Pertalite di dua wilayah itu menjadi Rp 6.450 dari sebelumnya Rp 7.650 per liter.

Advertisement

Unit Manager Communication Relation dan CSR Marketing Operating Region III Eko Kristiawan mengatakan langkah tersebut sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 1999 tentang pengendalian pencemaran udara. "Kami berharap masyarakat ikut berperan aktif menggunakan BBM yang lebih berkualitas dan bersama-sama membirukan langit di Tangerang Selatan,” katanya dalam keterangan tertulis dari situs Pertamina, Minggu (13/9).

BBM yang berkualitas, menurut Eko, memiliki kadar oktan atau RON tinggi sehingga rendah emisi. Selain itu, jenis bahan bakar minyak ini memiliki performa lebih irit karena pembakaran di ruang mesin kendaraan bermotor lebih sempurna. Pertalite merupakan BBM dengan RON 90.

Potongan harga Pertalite berlaku di 38 stasiun pengisian bahan bakar umum atau SPBU di wilayah Tangeran Selatan. “Selain kendaraan bermotor roda dua dan tiga, Pertamina juga menyasar angkot dan taksi pelat kuning,” ucapnya.

Pertamina masih menyediakan BBM dengan RON lebih rendah, yaitu Premium, di kota itu. Namun, jumlahnya terbatas, yaitu di Pondok Cabe, Cirendeu, Rawa Buntu, Pondok Jagung, Ciputat, Pamulang, dan Sawah Lama. Konsumsi Premiun mencapai 20% dari total penyerapan BBM di Tangerang Selatan. Pertalite mendominasi sebesar 50%.

Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany mengatakan program harga Pertalite setara dengan Premium tersebut dapat menjaga daya beli masyarakat di tengah pandemi Covid-19. “Kami mengapresiasi peran Pertamina,” katanya.

Pemerintah Akan Hapus BBM Beroktan Rendah

Kementeria Energi dan Sumber Daya Mineral atau ESDM saat ini sedang berupaya menekan emisi gas rumah kaca. Salah satu caranya dengan menghapus BBM beroktan rendah, seperti Premium.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement