Pemerintah Akan Fokus Kembangkan Pembangkit Listrik Energi Terbarukan

Image title
23 September 2020, 14:49
pembangkit listrik, energi baru terbarukan, pln, kementerian esdm, arifin tasrif
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif menyebut pemerintah akan fokus mengembangkan pembangkit listrik berbahan bakar energi baru terbarukan.

Pemerintah akan menggenjot pengembangan energi baru terbarukan atau EBT di Indonesia. Dalam rencana usaha penyediaan tenaga listrik (RUPTL) PLN 2019-2028, target penambahan kapasitas pembangkit listrik EBT sebesar 16,7 gigawatt (GW). Sampai dengan Juni 2020 kapasitas terpasangnya mencapai 10,43 gigawatt.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif mengatakan pemerintah akan fokus pada energi rendah karbon. "Seperti pembangkit listrik tenaga air (PLTB), matahari (PLTS), dan terus melakukan peningkatan pemanfaatan teknologi batu bara bersih," ujar dia dalam acara PLN International Conference 2020 secara virtual, Rabu (23/9).

Advertisement

Namun, pengembangan EBT masih memiliki tantangan. Salah satunya, harga jual listrik yang lebih mahal dibandingkan pembangkit konvensional sehingga pengembangannya pun cenderung stagnan. Masalah berikutnya, beberapa PLTB dan PLTS memerlukan kesiapan sistem yang mumpuni untuk menjaga kontinuitas pasokan tenaga listrik.

Tantangan lainnya yakni lokasi. Pembangkit EBT yang biayanya rendah, seperti pembangkit listrik tenaga air (PLTA),  minihidro (PLTM), dan panas bumi (PLTP), terletak di daerah  yang jauh dari pusat beban. Kondisi ini membuat waktu pembangunannya relatif lama.

Dalam pemenuhan target bauran energi bersih, pemerintah telah merencanakan penambahan jaringan listrik cerdas atau smartgrid dalam sistem kelistrikan. Pemasangannya tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020.

Smartgrid merupakan jaringan listrik digital untuk memantau dan mengelola transportasi listrik dari pembangkit. Manfaat pengembangannya, yaitu penyaluran listrik yang lebih efisien, pemulihan gangguan yang lebih cepat, serta penurunan biaya operasional.

Dengan jaringan pintar itu, PLN pada akhirnya dapat menurunkan tarif listrik. "Meningkatkan efisiensi kualitas dan sistem keandalan, mengurangi loses jaringan distribusi," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement