Pertamina Bentuk Satgas Untuk Kawal Proses Tender Proyek Strategis

Image title
6 Oktober 2020, 16:01
pertamina, satgas tnic, ahok, satuan tugas investasi pertamina
Pertamina KATADATA|Donang Wahyu
PT Pertamina (Persero) membentuk Satuan Tugas Tender dan Negosiasi Investor/Contractor (Satgas TNIC) untuk mempercepat proyek hulu dan hilir migasnya.

PT Pertamina (Persero) baru saja membentuk Satuan Tugas Tender dan Negosiasi Investor/Contractor (Satgas TNIC). Satgas ini merupakan gabungan tim investasi induk dan anak usaha dengan komite investasi pada dewan komisaris.

Pembentukannya bertujuan untuk memastikan tender negosiasi proyek strategis dan penjajakan investor dapat berjalan lebih cepat dan simultan. SVP Corporate Communication & Investor Relations Pertamina Agus Suprijanto mengatakan Satgas TNIC merupakan hasil rapat bersama direksi dan komisaris pada Senin (5/10).

Harapannya, satgas itu dapat mempecepat proyek hulu hingga hilir migas Pertamina. Terutama soal proses tender, negosiasi, dan penjajakan kerja sama dengan mitra nasional maupun internasional.

Satgas tersebut melibatkan Dewan Komisaris dan Direktur Utama Pertamina, dibantu oleh komite audit dan internal audit sebagai dewan pengawas. Untuk dewan pelaksana dipimpin oleh Direktur Strategi, Portofolio & Pengembangan Usaha (SPPU) Pertamina, dibantu oleh Direktur Keuangan dan Direktur Utama Subholding Hulu, Refinery & Petrochemical Pertamina, serta melibatkan komite investasi pada komisaris.

Satgas TNIC, menurut Agus, akan memangkas proses pengambilan keputusan. Koordinasi dan komunikasi seluruh komponen perusahaan akan lebih efektif dan efisien.

Induk dan anak usaha bersama dewan komisaris akan bersama-sama melakukan proses pemilihan mitra strategis. “Pada tingkat operasional, Satgas juga diperkuat oleh tim kerja dan tim pendukung di tingkat manajemen,” ujarnya berdasarkan keterangan tertulis har ini.

Tim ini juga akan mengkaji rencana pencarian mitra strategis untuk Blok Rokan. Sesuai Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 1923 K/10/10/MEM/2018, perusahaan wajib bekerja sama dengan mitra yang memiliki kemampuan di bidang hulu migas sebelum alih kelola pada 8 Agustus 2021. Targetnya, Pertamina akan menunjuk mitranya pada akhir tahun ini.

Terkait pengembangan kilang, Tim Satgas juga akan memastikan kerja sama dengan mitra-mitra strategis. Nantinya, Pertamina dan partnernya akan bersama sama melakukan pengembangan kilang, termasuk pada pengembangan produksi olefin kilang PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI).

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...