PLN Surplus Listrik, ESDM Optimistis Konsumsi Akan Kembali Naik

Image title
9 Oktober 2020, 18:11
surplus listrik, pln, kementerian esdm, pembangkit listrik
ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Pandemi Covid-19 membuat PLN alami surplus listrik karena konsumsi yang menurun.

Pandemi Covid-19 membuat konsumsi listrik PLN menurun. Namun, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral optimistis kondisi surplus listrik tidak akan berdampak jangka panjang.

Direktur Aneka Energi baru dan Energi Terbarukan Kementerian ESDM Harris mengatakan konsumsi bakal kembali naik seiring pertumbuhan ekonomi. “Permintaan listrik akan terus tumbuh,” katanya dalam diskusi virtual, Jumat (9/10).

Advertisement

Kondisi surplus listrik, terutama terjadi di Jawa, bukan semata karena pandemi corona. Beberapa pembangkit dari program 35 ribu megawatt (MW) mulai beroperasi. “Saya tetap yakin, dengan kondisi surplus listrik ini, kita masih punya potensi di daerah lain untuk dikembangkan,” ucapnya.

Pada akhir Agustus lalu, PLN mengatakan baru 24% pembangkit dari program itu yang mulai mengalirkan listrik. Di wilayah Jawa, Madura, dan Bali, pembangkit yang beroperasi mencapai 23% atau 4.184 megawatt.

Pemerintah akan mengejar target bauran energi terbarukan sebesar 23% pada 2025. Harris mengatakan untuk mencapai angka itu tak hanya melalui pembangunan pembangkit listrik ramah lingkungan. Pemerintah juga akan menggenjot program biofuels.

Konsumsi Listrik Turun Selama Pandemi

Konsumsi listrik selama pandemi corona mengalami penurunan. Pemerintah mencatat pada paruh pertama tahun ini, realisasinya di delapan wilayah anjlok di atas 5%. Mayoritas daerah tersebut merupakan sentra ekonomi nasional.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan pandemi telah menurunkan penjualan dan pendapatan PLN. Di sisi lain, biaya operasional cenderung meningkat. Dampaknya, arus kas perusahaan setrum negara itu semakin tertekan. “Pertumbuhan konsumsi listrik Juni dibandingkan Januari 2020 turun 7,06%,” katanya beberapa waktu lalu.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement