Dirut Pertamina Nicke Widyawati Jadi Wanita Berpengaruh ke-16 Dunia

Sorta Tobing
22 Oktober 2020, 12:53
fortune, nicke widyawati, pertamina, 50 Most Powerful Women International
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjadi salah satu dari 50 perempuan paling berpengaruh di dunia versi Fortune.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjadi salah satu dari 50 perempuan paling berpengaruh di dunia versi Fortune. Majalah asal Amerika Serikat itu menempatkannya di posisi ke-16. Nicke berada persis di bawah Jean Liu, bos perusahaan ride-hailing terbesar di Tiongkok, Didi Chuxing.

Dalam daftar 50 Most Powerful Women International, Fortune menyebut Nicke sebagai seorang insinyur yang mendapat mandat untuk melakukan tranformasi Pertamina. Ia memimpin perusahaan pelat merah itu pada 2018 setelah pendahulunya, Elia Massa Manik, diberhentikan.

Advertisement

Nicke ketika itu mengatakan akan tetap melanjutkan program perusahaan. “Tidak ada perubahan yang signifikan karena semua sudah tertata,” kata dia di Jakarta pada 20 April 2018.

Pandemi Covid-19, menurut Fortune, telah menghadirkan tantangan untuknya. Nicke harus memimpin perusahaan dengan total pendapatan tahunan mencapai US$ 54,6 miliar (sekitar Rp 803 triliun) dan 32 ribu karyawan di seluruh dunia.

Di saat yang sama, Pertamina juga bersiap melakukan pencatatan saham anak perusahaannya di lantai bursa. Targetnya dalam dua tahun ke depanrencana ini terlaksana. Prioritas yang melakukan go public adalah PT Pertamina Hulu Energi.

Sebelum Nicke, Direktur Utama Pertamina periode 2009-2014 Karen Agustiawan juga pernah masuk dalam daftar tersebut. Tepatnya pada Oktober 2013, nama Karen berada di urutan keenam. Tahun sebelumnya, ia berada di peringkat ke-19 dalam daftar 50 Most Powerful Women in Business. Pada 2011, Forbes menempatkannya di urutan pertama dalam daftar Asia's 50 Power Businesswomen.

PERTEMUAN MENTERI BUMN DENGAN PERTAMINA
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati.  (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Karier Nicke di Berbagai BUMN

Perempuan kelahiran Tasikmalaya, 25 Desember 1967 itu memiliki berbagai pengalaman mengisi posisi penting badan usaha milik negara atau BUMN. Sebelum menjadi direktur utama, Nicke menjabat direktur sumber daya manusia dan pelaksana tugas direktur logistik, supply chain, dan infrastruktur Pertamina.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement