Antam Bakal Bentuk Anak Usaha Logam Mulia dan IPO di Bursa

Image title
22 Oktober 2020, 19:52
antam, inalum, logam mulia antam, bumn, freeport, blok wabu, papua, ipo anak usaha antam
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
PT Aneka Tambang (Persero) Tbk tengah menggodok proses pembentukan anak usaha di bisnis penjualan emas batangan atau logam mulia.

PT Aneka Tambang (Persero) Tbk tengah menggodok proses pembentukan anak usaha di bisnis penjualan emas batangan atau logam mulia. Rencananya, perusahaan anyar ini bakal melepas sahamnya di lantai bursa alias IPO.

General Manager Unit Geomin dan Technology Development Antam Tri Hartono mengatakan rencana itu masih dalam proses pembahasan internal. Pembentukannya didorong penjualan logam mulia yang meningkat di tengah pandemi Covid-19. "Jadi logam mulia akan lebih mandiri jadi anak usaha Antam," kata dia dalam diskusi secara virtual, Kamis (22/10).

Advertisement

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga mengupayakan agar perusahaan dapat mengambil alih pengelolaan tambang emas Blok Wabu di Papua. Konsesi tambang emas ini awalnya dimiliki PT Freeport Indonesia yang sudah dikembalikan kepada negara.

Menteri BUMN Erick Thohir telah mengirimkan surat kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif soal itu. Erick meminta pengelolaan tambang emas itu diberikan kepada Antam.

Blok Wabu sendiri menjadi harapan baru Antam dalam menggarap potensi dan menambah cadangan emas. Tim internal Antam sedang melakukan diskusi dengan induk usahanya, PT Indonesia Asahan Aluminium atau MIND ID, terkait detail pengelolaan tambang itu.

Tri mengatakan perusahaan siap melaksanakan penugasan tersebut. Antam telah memiliki pengalaman dalam menggarap tambang emas di Pongkor dan Cibaliung, Jawa Barat. "Tentu ini menjadi harapan baru kami, apabila nanti ditugaskan untuk mengelola Blok Wabu," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement