SKK Migas Klaim Cadangan Minyak Nasional Cukup Hingga 15 Tahun

Image title
23 Oktober 2020, 19:23
skk migas, cadangan minyak, blok migas, migas
Arief Kamaludin|KATADATA
SKK Migas mengklaim cadangan minyak nasional masih cukup hingga 15 tahun mendatang.

SKK Migas mengklaim cadangan minyak nasional masih cukup hingga 15 tahun mendatang. Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan angka itu berdasarkan asumsi produksinya di kisaran 705 ribu barel per hari atau 257 juta barel per tahun.

Namun, ia tetap mendorong agar cadangan minyak nasional terus ditambah. Salah satunya dengan peningkatan kegiatan eksplorasi. "Kita saat ini memiliki 3,8 miliar barel minyak," ujarnya dalam konferensi pers Kinerja Hulu Migas Kuartal III 2020, Jumat ((23/10).

Advertisement

Klaim angka cadangan itu berbeda dengan pernyataan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif. Pekan lalu ia meyebut produksi minyak akan habis dalam sembilan tahun ke depan. Untuk gas bumi dan batu bara masing-masing 22 tahun dan 65 tahun.

Dengan kondisi itu, menurut dia, transisi energi mutlak diperlukan. “Kita masih memiliki banyak sumber energi yang belum dilakukan dieksplorasi untuk mendukung kebutuhan jangka panjang," kata dia.

Berdasarkan data BP cadangan minyak terbukti Indonesia menunjukkan tren penurunan dari tahun ke tahun. Pada 1980, cadangan minyak Indonesia mencapai 11,6 miliar barel namun pada 2017 tinggal 3,17 miliar barel. Angka tersebut di bawah Malaysia (3,6 miliar barel) maupun Vietnam (4,4 miliar barel).

Turunnya cadangan minyak tersebut  salah satunya disebabkan oleh berkurangnya aktivitas eksplorasi , baik untuk offshore maupun onshore. Pada 2011, realisasi pengeboran sebanyak 79 sumur,  tapi  enam tahun kemudian tinggal 48 sumur.

UU Migas Picu Turunnya Produksi Minyak

Untuk menjaga cadangan minyak, SKK Migas menargetkan agar rasio penggantian migas atau reserve replacement ratio (RRR) bisa di atas 100% hingga akhir tahun dengan tambahan dari Lapangan Banyu Urip dan Senoro. Realisasi RRR hingga September lalu mencapai 69,6%.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement