Nasib Operator Baru Blok Jabung di Tangan Kementerian ESDM

Image title
26 Oktober 2020, 17:05
blok jabung, skk migas, jambi, petrochina, pertamina, blok migas
KATADATA
Ilustrasi. Nasib kontrak Blok Jabung yang akan habis pada 2023 hingga kini belum jelas.

Nasib kontrak Blok Jabung yang akan habis pada 2023 hingga kini belum jelas. Pertamina dan Petrochina masih bersaing ketat memperebutkan hak pengelolaan blok migas di Jambi tersebut.

Pelaksana Tugas Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Susana Kurniasih mengatakan kedua perusahaan telah mengirimkan proposal ketertarikan untuk mengelola Blok Jabung. Namun, keputusannya masih dalam pembahasan di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Advertisement

"Belum ada perubahan apapun, belum ada kata final, belum ada perkembangan. Jadi, masih tektokan terus," ujar dia kepada Katadata.co.id, Senin (26/10).

Yang jelas, akan ada perubahan komposisi kepemilikan hak partisipasi di blok migas itu. Operator saat ini, yaitu Petrochina, dan partnernya, Petronas, bakal menggandeng perusahaan lain. “Soal ini masuk dalam pembahasan evaluasi. Tetapi detailnya saya kurang tahu, berapa persen dan siapa nantinya yang akan menjadi partner baru," ujarnya.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto pada jumpa pers akhir pekan lalu menargetkan keputusan operator Blok Jabung pada lambat akhir tahun ini. Kinerja dari operator saat ini, menurut dia, cukup bagus.

Pada tahun lalu, Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM yang masih diemban Djoko Siswanto menyebut belum ada keputusan pengelolaan Blok Jabung. Pemerintah bakal menunggu perubahan komposisi pemegang hak partisipasi, meskipun Petrochina dan Pertamina sudah mengajukan penawaran perpanjangan kontrak blok tersebut.

Petrochina International Jabung Ltd saat ini menjadi operator Blok Jabung dengan hak kelola 27,85%. Pertamina melalui PT Pertamina Hulu Energi (PHE) Jabung memiliki 14,28%. Pemegang hak kelola lainnya adalah Petronas Carigali sebesar 27,85% dan PT PP Oil & Gas sebesar 30%.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement