Lockdown di Eropa dan Pilpres AS Turunkan Harga Minyak Lebih 3%

Sorta Tobing
2 November 2020, 11:53
harga minyak, pemilu AS, covid-19, lockdown eropa
Katadata
Ilustrasi. Harga minyak turun lebih dari 3% pada perdagangan hari ini, Senin (2/11) dan menyentuh level terendah dalam lima bulan terakhir.

Harga minyak turun lebih dari 3% pada perdagangan hari ini, Senin (2/11) dan menyentuh level terendah dalam lima bulan terakhir. Gelombang kedua virus corona di Eropa menyebabkan penurunan tersebut. Selain itu, para pedagang pun bersiap menghadapi turbulensi di pekan penentuan pemilihan presiden Amerika Serikat.

Mengutip dari Reuters, harga minyak Brent LCOc1 untuk pengiriman Januari turun 3,1% menjadi US$ 36,78 per barel pada pukul 09.29 WIB. Lalu, minyak mentah jeis West Texas Intermediate CLc1 turun 3,5% menjadi US$ 34,55 per barel. Grafik Databoks di bawah ini menunjukkan angkanya merupakan yang terendah sejak akhir Mei lalu.

Kasus virus corona di Benua Biru melewati angka 10 juta kasus pada pekan lalu. Kondisi ini membuat beberapa negara di Eropa menerapkan kembali penutupan atau lockdown untuk memperlambat laju infeksi virus corona.

Inggris kini sedang bergulat dengan lebih 20 ribu kasus per hari. “Langkah penguncian yang diumumkan Inggris dan Italia menunjukkan situasi di Eropa memburuk,” kata kepala strategi pasar CMC Markets Michael McCarthy.  

Padahal, prospek perdagangan minyak sempat terlihat membaik setelah pesanan ekspor ke Jepang tumbuh untuk pertama kalinya dalam dua tahun terakhir. Aktivitas pabrik-pabrik di Tiongkok pun melaju cepat pada Oktober lalu.

Pasar kini khawatir permintaan akan kembali melemah dan pasokan meningkat. Kondisi ini memicu pelemahan harga minyak, meskipun organisasi negara pengekspor minyak dan sekutunya alias OPEC+ telah sepakat memangkas produksi sekitar 7,7 juta barel per hari hingga akhir tahun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...