Peluang Kenaikan Tarif Listrik Akan Diputuskan Akhir Bulan Ini

Image title
3 November 2020, 16:37
tarif dasar listrik, peyesuaian tarif listrik, pln, kementerian esdm
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/wsj.
Ilustrasi. Pemerintah akan memutuskan penyesuaian tarif listrik atau tariff adjustment untuk pelanggan nonsubsidi pada akhir bulan ini.

Pemerintah akan memutuskan penyesuaian tarif listrik atau tariff adjustment untuk pelanggan nonsubsidi pada akhir bulan ini. Faktor nilai tukar hingga inflasi akan mempengaruhi kebijakan itu.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Hendra Iswahyudi mengatakan keputusan naik atau tidaknya tarif listrik akan ditentukan pada akhir bulan ini. Penyesuaianunya akan erlaku mulai kuartal pertama 2021.

Advertisement

Langkah ini menjadi penting karena sejak 2017 pemerintah tidak pernah menaikkan tarif dasar listrik. Kalaupun ada kenaikan, pemerintah akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu ke masyarakat. "Pak Menteri ESDM (Arifin Tasrif) harus menetapkan paling lambat akhir November setelah PLN ajukan usulan," kata dia dalam diskusi secara virtual, Selasa (11/3).

Sebagai informasi, kajian terkait tenaga listrik pemerintah lakukan setiap tiga bulan sekali. Keputusan naik atau turun tarif tergantung pada biaya pokok penyediaan tenaga listrik, termasuk nilai tukar rupiah, harga minyak (Indonesian Crude Price/ICP), inflasi, dan harga patokan batu bara.

Sejak 2017, pemerintah menahan kenaikan tarif untuk menjaga daya beli masyarakat dan sektor industri. Apabila tak ada penyesuaian tarif pada tahun depan, subsidi pemerintah ke PLN akan membengkak. Selisih antara biaya pokok produksi BPP dengan tarif dasar listrik akan terus melebar.

Biaya kompensasi pemerintah tahun depan diproyeksi akan naik menjadi Rp 27,7 triliun dari yang anggaran 2020 sebesar Rp 17,94 triliun. "Mungkin sudah waktunya dikurangi, meskipun subsidi untuk menopang daya beli masyarakat," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement