Guru Besar ITB Dikabarkan Terpilih Jadi Dirjen Migas

Image title
4 November 2020, 17:13
dirjen migas, tutuka ariadji, kementerian esdm, itb
Arief Kamaludin|KATADATA
Profesor Tutuka Ariadji terpilih menjadi Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) Kementerian ESDM.

Posisi Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dikabarkan telah terisi. Proses seleksinya pun telah rampung.

Nama Guru Besar Teknik Perminyakan Institut Teknologi Bandung Tutuka Ariadji santer disebut bakal mengisi posisi tersebut, setelah lebih setahun tak terisi. Tutuka menggantikan Djoko Siswanto yang dicopot jabatannya oleh Menteri ESDM kala itu, Ignasius Jonan.

Advertisement

Sumber Katadata.co.id di Kementerian ESDM membenarkan kabar tersebut. “Profesor Tutuka Ariadji terpilih menjadi Dirjen Migas,” katanya, Rabu (4/11).

Tutuka enggan berkomentar soal informasi tersebut. Pesan singkat dari Katadata.co.id melalui aplikasi WhatsApp hanya tercentang biru. Begitu pula dengan Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial.

Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto membeberkan jika dirjen migas definitif akan ditetapkan dalam waktu dekat. Menurut informasi yang ia terima, Kementerian ESDM menginginkan figur yang andal dan berintegritas, memiliki pengetahuan serta jaringan yang luas di sektor ini.

Tantangan hulu migas saat ini sangat kompleks. Pemerintah perlu menunjuk figur mumpuni untuk memacu eksplorasi dan produksi di tengah merosotnya cadangan minyak nasional. "Saya dengar di awal-awal bulan ini sudah tuntas, sidang tim penilai akhir telah digelar," kata dia kepada Katadata.co.id.

Profil Dirjen Migas Tutuka Ariadji

Sebagai informasi, Tutuka lahir di Solo pada 26 Agustus 1964. Ia merupakan lulusan Sarjana Teknik Perminyakan ITB dan menempuh pendidikan pada 1983 hingga 1988.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement