Didorong Optimisme Vaksin, Harga Minyak Meningkat 12% Pekan Ini

Sorta Tobing
12 November 2020, 12:21
harga minyak, opec+, opec, vaksin virus corona
KATADATA
Ilustrasi. Harga minyak berhasil naik 12% pada pekan ini.

Harga minyak berhasil naik 12% pada pekan ini. Pasar mendapat sinyal positif tidak ada kenaikan pasokan dari produsen utama minyak dunia pada 2021. Selain itu, kabar baik pengembangan vaksin Pfizer Inc membawa optimisme penanganan pandemi Covid-19.

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud dalam pidato tahunan kepada Dewan Syura hari ini, Kamis (12/11), mengatakan kerajaannya sedang bekerja untuk menjamin stabilitas pasokan minyak global. Reuters melaporkan negara ini berkomitmen melayani produsen dan konsumen meskipun dampak Covid-19 cukup besar ke pasar minyak.

Minyak mentah jenis West Texas Intermediate alias WTI, menurut data Bloomberg pukul 11.35 WIB, naik 0,29% ke US$41,57 per barel. Harganya naik hampir 12% dibandingkan harga penutupan pada Jumat pekan lalu. Untuk kontrak minyak berjangka Brent naik 0,23% ke US$ 43,9 per barel. Kenaikannya mencapai 11,3% dibandingkan pada 6 November 2020.

Menteri Energi Aljazair Mohamed Arkab kemarin mengatakan organisasi negara pengekspor minyak, termasuk Rusia dan sekutunya, alias OPEC+ dapat memperpanjang pemotongan produksinya sebesar 7,7 juta barel per hari hingga 2021.

Konsumsi minyak kemungkinan besar masih lemah tahun depan karena lonjakan kasus Covid-19 masih terjadi. OPEC+ akan menunda peningkatan pasokannya sebesar 2 juta barel per hari yang seharusnya dijadwalkan pada Januari.

Halaman:
Reporter: Antara, Annisa Rizky Fadila
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...