Dirjen Migas Berkomitmen Terapkan Langsung Teknik Pengurasan Minyak

Image title
16 November 2020, 19:31
eor, dirjen migas, kementerian esdm, pengurasan minyak
Katadata
Ilustrasi. Dirjen Migas Tutuka Ariadji berkomitmen terjun langsung ke lapangan migas untuk menerapkan teknik pengurasan minyak atau EOR.

Teknik pengurasan minyak atau enhanced oil recovery alias EOR menjadi harapan pemerintah untuk menggenjot produksi nasional. Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Tutuka Ariadji pun bakal memilih lapangan potensial untuk diaplikasikan ke dalam teknologi ini.

Tutuka menyebut untuk menerapkannya, pemerintah akan membuat peta jalan atau roadmap. Lalu, untuk implementasinya, ia berkomitmen untuk terjun langsung ke lapangan migas. Pemerintah menargetkan pada 2030 produksi minyak dapat mencapai 1 juta barel per hari. Saat ini angkanya baru di sekitar 700 ribu barel per hari.

Advertisement

EOR menjadi cara untuk menggenjot kembali sumur-sumur tua yang produksinya berkurang. Selama ini penerapannya baru di satu sumur dan tak berlanjut. "Kami akan pilih lapangan yang kira-kira jadi proioritas perusahaan dan saya bersedia datang ke lapangan untuk memlih," kata dia dalam RDP bersama Komisi VII DPR RI, Senin (16/11).

Terkait persoalan EOR di Blok Rokan, Riau, ia menyebut pemerintah tak dapat melakukan intervensi. Persoalan ini menjadi urusan business-to-business antara Pertamina dan Chevron.

Chevron dikabarkan enggan memberikan salah satu formula untuk penerapan EOR di Lapangan Minas. Padahal, Pertamina membutuhkan formula tersebut saat alih kelola Blok Rokan rampung pada Agustus 2021.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement