Houthi Serang Fasilitas Saudi Aramco, Harga Minyak Melonjak Lebih 1%

Sorta Tobing
23 November 2020, 13:36
houthi, saudi aramco, arab saudi, harga minyak
Katadata
Kelompok pemberontak Houthi mengatakan telah menembakkan rudal ke fasilitas distribusi minyak Saudi Aramco di Jeddah, Laut Merah.

Kelompok pemberontak Houthi mengatakan telah menembakkan rudal ke fasilitas distribusi minyak Saudi Aramco di Jeddah, Laut Merah. Belum ada konfirmasi langsung dari Arab Saudi tentang klaim dari kelompok militer asal Yaman yang berpihak pada Iran tersebut.

Reuters melaporkan, pemerintah Saudi telah memperingatkan perusahaan asing dan penduduknya untuk berhati-hati dengan serangan lanjutan. Fasilitas produksi dan ekspor miyak Aramco sebagian besar berada di sebelah timur negara itu.

Advertisement

Seorang juru bicara militer Houthi, Yahya Sarea, mengatakan serangan itu memakai rudal bersayap tipe Quds-2. “Serangan itu sangat akurat. Ambulans dan mobil pemadam kebakaran langsung bergerak menuju ke sasaran,” katanya dalam akun media sosialnya, Senin (23/11).

Yaman telah terperosok dalam konflik sejak koalisi pimpinan Saudi ikut campur tangan memulihkan pemerintahannya pada Maret 2015. Genjatan sempat antar kedua pihak berakhir pada Mei lalu. Imbasnya, serangan lintas batas pasukan Houthi meningkat ke Saudi.

Kelompok Houthi menguasai sebagian besar Yaman utara dan wilayah perkotaan besar. Mereka memberontak dengan tujuan melawan sistem yang korup. Sarea menyebut serangan hari ini sebagai tanggapan atas tindakan Saudi di negaranya.  

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement