Menteri ESDM Tegur Freeport karena Terlambat Bangun Smelter

Image title
23 November 2020, 17:26
freeport, smelter, tambang, kementerian esdm, arifin tasrif
KATADATA/
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyampaikan telah melayangkan surat tersebut kepada Freeport karena terlambat bangun smelter.

Permintaan penundaan pembangunan fasilitas pemurnian mineral atau smelter milik PT Freeport Indonesia di Gresik, Jawa Timur, rupanya berbalas surat teguran dari pemerintah. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyampaikan telah melayangkan surat tersebut kepada perusahaan.

Dalam surat bernomor 1197/36/DJB/2020 dan bertanggal 30 September 2020 itu ada dua poin penting yang pemerintah sampaikan. Pertama, agar pelaksanaan pilling test dan pile load test dipercepat dan dilaksanakan paling lambat Oktober 2020. “Pemerintah juga meminta Freeport menyampaikan jadwal pelaksanaan kedua tes tersebut,” kata Arifin dalam rapat kerja bersama Komisi VII DPR, Senin (23/11).

Advertisement

Atas surat teguran itu, perusahaan lalu memberi surat tanggapan bernomor 508/OPDPTFI/IX/2020. Isinya, pengerjaan pilling test dan pile load test akan mundur dari September menjadi awal November 2020.

Freeport lalu melayangkan surat lagi bernomor 516 pada 11 November lalu. Perusahaan melaporkan telah memberikan notice to proceed kepada kontraktor poryek, Chiyoda, untuk melakukan pekerjaan pilling test.

Chiyoda saat ini sudah melakukan pengadaan dan mobilisasi peralatan serta pekerja di Gresik. Kegiatan fisik tersebut akan berlangsung pada akhir bulan ini.

Anggota Komisi VII DPR Maman Abdurrahman berpendapat proyek smelter khusus tembaga itu perlu dievaluasi kembali. “Kenapa tidak mengembangkan yang sudah ada? Toh, sama-sama membangun smelter,” ujarnya.

Sebaliknya, Anggota DPR Komisi VII Ratna Juwita justru mengapresiasi langkah yang diambil Kementerian ESDM yang menegur Freeport. "Ke depan kami harapkan ada sanksi tegas. Supaya Freeport berkomitmen dengan apa yang sudah diamanatkan oleh undang-undang kita," ucapnya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement