Harga Minyak Melesat ke Level Tertinggi dalam 8 Bulan Terakhir

Sorta Tobing
26 November 2020, 11:26
harga minyak, harga emas, vaksin virus corona, covid-19
Katadata | Dok.
Ilustrasi. Harga minyak menguat ke level tertinggi dalam delapan bulan terakhir.

Harga minyak menguat ke level tertinggi dalam delapan bulan terakhir. Kenaikan hampir 2% pada perdagangan Kamis pagi (26/11) dipicu penurunan persedian minyak mentah Amerika Serikat.

Penguatan tersebut memperpanjang reli harga minyak selama sepekan terakhir. Kabar baik dari perkembangan vaksin virus corona diperkirakan akan memperbaiki permintaan dan konsumsi bahan bakar.

Melansir dari Antara, minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Januari naik 1,6% menjadi US$ 48,61 per barel, tertinggil sejak awal Maret. Lalu, West Texas Intermediate (WTI) naik 1,8% menjadi US$ 45,71 per barel.

Persediaan minyak mentah AS turun 754 ribu barel pada pekan lalu. Angka itu di luar ekspektasi para analis dalam jajak pendapat Reuters yang memperkirakan kenaikan stok 127 ribu barel.

Stok WTI di Cushing, Oklahoma, AS turun 1,7 juta barel. “Ada penurunan yang lumayan banyak di Cushing, jadi mendukung kenaikan harga minyak,” kata partner Again Capital LLC, New York, John Kilduff.

Awal pekan ini, investor mendapat kabar positif dari AstraZeneca yang menyebut vaksinya efektif hingga 70%. “Kami mempertahankan prospek bullish untuk tahun depan dengan target Brent mencapai US$ 60 per barel pada akhir 2021,” ujar analis minyak UBS Giovanni Staunovo.

Di pasar komoditas lainnya, harga emas bertahan relatif stabil di tengah kenaikan angka pengangguran AS. Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Desember di New York Mercantile Exchange naik tipis 0,05% menjadi US$ 1.805,5 per ounce.

Sehari sebelumnya, emas anjlok 1,81% menjadi US$ 1.804,6 per ounce. Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan klaim tunjangan pengangguran naik pekan lalu dari 748 ribu pada seminggu sebelumnya menjadi 778 ribu klaim. Kenaikan mengejutkan ini muncul di tengah lonjakan infeksi Covid-19.

Halaman:
Reporter: Antara, Febrina Ratna Iskana
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...