Pabrik Gasifikasi Batu Bara Bukit Asam Masuk Proyek Strategis Nasional

Image title
1 Desember 2020, 20:11
ptba, bukti asam, gasifikasi batu bara, hilirisasi batu bara, psn, proyek strategis nasional
Donang Wahyu|KATADATA
Ilustrasi. Pembangunan pabrik gasifikasi batu bara di Tanjung Enim, Sumatera Selatan, yang digagas oleh PT Bukit Asam Tbk, masuk ke dalam proyek strategis nasional alias PSN.

Pemerintah menetapkan pabrik gasifikasi batu bara di Tanjung Enim, Sumatera Selatan, yang digagas oleh PT Bukit Asam Tbk, menjadi proyek strategis nasional alias PSN. Hal ini seiring dengan terbitnya Peraturan Presiden No 109 Tahun 2020. Pemerintah juga menetapkan Kawasan Industri Tanjung Enin masuk dalam proyek tersebut. 

Sekretaris Perusahaan Bukit Asam Apollonius Andwie mengatakan naiknya status proyek hilirisasi tersebut dapat mempercepat optimalisasi sumber daya alam yang melimpah. “Proyek ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, pemerataan pembangunan, dan kesejahteraan masyarakat,” katanya dalam siaran pers, Selasa (1/12). 

Advertisement

Pabrik gasifikasinya akan mengolah sebanyak 6 juta ton batu bara per tahun untuk menghasilkan 1,4 juta ton dimethyl eter atau DME. Targetnya, produk akhir ini dapat mengganti dan mengurangi impor elpiji atau LPG.

Pengurangan impornya dapat menghemat cadangan devisa negara sebesar Rp 8,7 triliun per tahun atau Rp 261 triliun selama 30 tahun. Kemudian, pemerintah akan mendapat efek berkesinambungan sebesar Rp 800 miliar per tahun dari proyek ini. Penghematan nearaca perdagangannya mencapai Rp 5,5 triliun per tahuna tau Rp 165 triliun selama 30 tahun. 

Harapannya, industri nasional akan ikut terdorong dengan kehadiran proyek ini. Penyerapan jumlah tenaga kerjanya mencapai 10.570 orang saat tahap kosntruksi dan 7.976 orang selama operasi.

Apollonius mengatakan proyek gasifikasi tidak dapat dipandang dari sisi komersial. “Tapi juga menjadi penunjang ketahanan dan kemandirian energi Indonesia di masa depan,” ucapnya. 

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement