Produksi Migas Nasional Dapat Digenjot Melalui Digitalisasi

Image title
4 Desember 2020, 15:36
produksi migas, skk migas, digitalisasi
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi. Produksi migas Indonesia dapat meningkat apabila pemerintah dan pelaku usaha di sektor ini memanfaatkan digitalisasi.

Digitalisasi dapat menggenjot produksi migas dalam negeri. Direktur Senior Center for Energy Impact Boston Consulting Group (BCG) Jamie Webster mengatakan data saat ini menjadi aset strategis dalam pengolahan dan pemanfaatan sumber daya alam secara digital. 

Dengan teknologi yang tepat, perusahaan energi dapat mengambil keputusan dengan lebih cepat. Apalagi di tengah penurunan konsumsi karena pandemi Covid-19, dunia usaha membutuhkan informasi dan data yang tepat untuk tetap mempertahankan kegiatan ekonominya. 

Teknologi itu juga termasuk kecerdasan buatan atau artificial intelligence. “Untuk mensimulasikan aktivitas pengeboran,” kata dia dalam International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas 2020, Jumat (04/12).

Petronas telah melakukan cara tersebut. Head of Upstream Digital Petronas Shaharuddin Hamid Mustapha mengatakan teknologi telah menghasilkan efektivitas aktivitas di sektor hulu. Hasilnya, perusahaan dapat melakukan efisiensi.   

Digitalisasi yang perusahaan lakukan awalnya pada kegiatan peningkatan produksi. Semua fungsi Petronas terkoneksi pada satu sistem yang tersimpan dalam cloud alias komputasi awan. Dengan begitu, semua divisi dapat berbagai data dan berinteraksi. “Keberhasilan digitalisasi ini kami kembangkan untuk mendukung kegiatan eksplorasi,” ucapnya. 

Peran Digitalisasi di Industri Hulu Migas RI

Perusahaan migas dunia saat ini sedang mendorong pengembangan kecerdasan buatan untuk meningkatkan keberhasilan eksplorasi. Teknologi AI ini harapannya dapat memberi akurasi, kualitas, dan kecepatan pemrosesan data. 

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...